Haedar: Islam Berkemajuan Harus Konsen Terhadap Nilai Kemanusiaan Universal

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 26 April 2017 06:09 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan Islam yang berkemajuan harus konsen terhadap nilai-nilai kemanusiaan universal yang membawa kepada perdamaian, kebaikan dan relasi sosial yang anti diskriminasi dan nilai-nilai ihsan. Hal tersebut menjadi peluang bagi Muhammadiyah untuk menunjukkan Islam sebagai dinul ihsan.

“Sesungguhnya Muhammadiyah memiliki peluang yang leluasa untuk menunjukkan Islam sebagai dinul ihsan, yang penuh dengan kebaikan-kebaikan, nilai-nilai toleransi dan sebagainya,” ucap Haedar, Selasa (25/4) saat memberikan tausyiah dalam acara Pidato Milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke 36 bertempat di Gedung AR. Fachruddin B lantai 5.

Dalam kesempatan tersebut Haedar juga berharap UMY dengan segala pencapaiannya tetap menjadi pusat pergumulan pemikiran dan pengembangan Islam yang berkemajuan, dan terus berkembang menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diperhitungkan di Indonesia.

“UMY harus mampu menjadi pusat pengkajian ilmu-ilmu profetik yang menjabarkan nilai-nilai ihsan dalam kehidupan masyarakat yang majemuk. Mencari celah-celah di mana mampu menyentuh dan merekatkan satu sama lain dengan ihsan,” ungkap Haedar.

Haedar percaya UMY dan juga PTM-PTM lainnya akan mampu meletakkan pemikiran-pemikiran Islam yang berkemajuan dalam pondasi dan basis epistemologi yang kuat. (adam)

Shared:
Shared:
1