Baitul Arqam Sebagai Wujud Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan Fakultas Teknik Unismuh Palu

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 22 April 2017 10:58 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PALU- Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Palu menggandeng Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Pemuda Muhammadiyah menggelar Baitul Arqam Mahasiswa, selama tiga hari yakni pada 21 April hingga 23 April 2017.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Rajindra Rum, Jumat (21/4). Pembukaannya dihadiri oleh para dekan di lingkungan Unismuh Palu.

Pada kesempatan itu, Rektor yang baru sepekan menjabat ini, memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Ia juga menekankan akan membuat regulasi terkait wajibnya seluruh civitas akademika ikut baitul arqam atau darul arqam. "Tidak saja bagi mahasiswa, tetapi juga bagi dosen dan pegawai Unismuh Palu," ujarnya.

Selain itu, bagi non muslim juga tetap diikutkan, tetapi pada tataran teknis pelaksanaannya berbeda dengan mereka yang Muslim.

Rajindra mengatakan, salah satu visinya adalah pengembangan al islam kemuhammadiyahan, maka itulah kegiatan Darul arqam, baitul arqam dan pengajian, serta shalat berjamaah akan menjadi perhatiannnya. "Kegiatan baitul arqam seperti ini, akan diwajibkan, baik bagi mahasiswa, dosen, maupun pegawai. Begitu juga shalat berjamaah dan pengajian, akan ditekankan wajib diikuti," jelasnya.

Sementara Dekan Fakultas Teknik Unismuh Palu, Suratnan Tahir, mengatakan, bahwa bagi mahasiswa yang akan ikut ujian proposal, harus melampirkan piagam lulus Baitul Arqam, karena jika tidak, maka tidak bisa diikutkan ujian proposal. "Karena ini wajib, maka harus ikut dengan baik dan harus lulus," tandasnya. (Syifa)

 

Kontributor : Fery El

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1