Peringati Hari Kartini, Pelajar SMA Muhammadiyah X Surabaya Menulis Surat Untuk Ibu Risma

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 22 April 2017 10:43 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURABAYA– Setiap tahun bangsa Indonesia selalu memperingati hari Ibu Kartini. Perempuan ini telah mengangkat harkat dan martabat kaumnya, banyak hal yang dapat dikutip dari perjalanan hidupnya. Berkat perjuangan Ibu Kartini kini banyak perempuan Indonesia yang berkarir dalam berbagai bidang atau profesi, mulai dari suster, ekonomi, pengusaha sampai politik.

Di hari Jum’at (21/4), untuk memperingati hari Kartini seluruh pelajar SMA Muhammadiyah 10 (SMAMX) Surabaya tampil berbeda. Tidak menggunakan baju pahlawan atau kebayak yang biasanya dipakai oleh para wanita, namun menulis surat kepada sosok wanita yang saat ini disegani di kota metropolitan, Ibu Tri Risma Harini.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMAMX ini memang berbeda. “Menulis surat kepada Bu Risma ini seperti saya menginginkan Surabaya di mata saya. Merasa dekat dengan Bu Risma dan saya berharap goresan tinta ini bisa dibaca olehnya,” ungkap Alma, siswi kelas XI IPS 2.

Menurut Prastata Ta’syah sebagai ketua umum PR IPM SMAMX mengatakan menulis surat kepada Bu Risma yang merupakan sosok pahlawan di zaman sekarang adalah kegiatan yang dasar. Para siswi akan bisa merasakan dampaknya seperti Bu Risma walaupun mereka hanya menulis coretan di atas kertas dengan angannya sendiri-sendiri.

Di sisi lain Kepala SMAMX, Sudarusman juga mengatakan selain giat literasi, bentuk semacam inilah yang mendasari siswa-siswi mempunyai impian yang tinggi. Semangat juang yang dimiliki oleh Ibu Walikota akan tersalurkan kepada pelajar-pelajar yang mengirim surat kesana.

“Pelajar diharapkan akan mempunyai semangat juang terhadap apa yang dihadapi saat ini,” tutur Sudarusman di waktu yang sama. Kumpulan surat tersebut akan dikirim ke kantor walikota Surabaya dengan penuh harapan semua yang ditulis oleh pelajar-pelajar bisa dibaca oleh Ibu Tri Risma Harini.(Syifa)

 

Kontributor : Azmi Izzudin

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1