Kenalkan Dunia Industri Kepada Siswa, SD Muhammadiyah Kutoarjo Kunjungi Industri Sepatu

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 17 April 2017 12:24 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO – SD Muhammadiyah Kutoarjo mengadakan kunjungan industri sepatu, kegiatan itu diikuti oleh 115 siswa yang merupakan bagian dari mata pelajaran IPS materi Proses Produksi (14/4). Hal tersebut sebagai salah satu bentuk mengenalkan siswa pada perkembangan teknologi dan kemasyarakatan.

Nela Febriastuti Suseno, guru pembimbing kegiatan tersebut mengatakan bahwa  pembelajaran di luar kelas adalah hal yang selalu ditunggu-tunggu dan disenangi siswa. Hal ini menjadi penyeimbang antara kegiatan materi di dalam kelas dengan pelajaran praktek.

“Siswa diharapkan dapat melihat, meniru dan menghasilkan. Sehingga mengetahui seluruh proses yang harus dilalui untuk menghasilkan suatu produk. Sehingga harapannya dapat menjadi pengalaman hidupnya,” ungkap Nela.

Setelah itu siswa dikondisikan untuk mendengarkan bagaimana proses pembuatan sandal dari awal membuat pola sampai finishing. Tidak hanya mendengarkan tapi siswa juga melihat tahap-tahapnya dan ikut membantu prosesnya. Proses membuat pola, menjahit, memasang, dan mengelem sampai membungkus diikuti oleh para siswa.

“Pembelajaran praktek seperti ini akan mampu meninggalkan memori yang tahan lama bagi para siswa. Selain itu, ini juga sebagai salah satu bentuk kontribusi sekolah membantu mempromosikan lembaga dan rumah industri karena produk yang dihasilkan dominan dipasarkan ke luar Kabupaten Purworejo,” tutupnya. (nisa)

Kontributor: Akhmad Musdani

Shared:
Shared:
1