Donald Trump: Saya Akan Menerima Hasil Pilpres Jika Saya Menang

Author : Administrator | Jum'at, 21 Oktober 2016 08:38 WIB

Novi Christiastuti - detikNews

Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
 
Ohio - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, membuat publik terkejut dengan menolak untuk mengatakan akan menerima hasil pilpres November mendatang. Dalam kampanye di Ohio, Trump menyatakan akan menerima hasil pilpres jika dirinya menang.

Penolakan Trump disampaikan dalam debat capres terakhir yang digelar di Las Vegas, pada Rabu (19/10) malam waktu setempat. Saat ditanya presenter berita Fox News Chris Wallace apakah dirinya akan menerima hasil pilpres, Trump menjawab: "Saya akan lihat pada saatnya nanti."

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (21/10/2016), Trump kembali menegaskan sikapnya saat berkampanye di Ohio, pada Kamis (20/10) waktu setempat. Namun dia sedikit memodifikasi pernyataannya kali ini.

"Saya akan berjanji dan bersumpah kepada seluruh pemilih dan pendukung saya dan juga kepada seluruh rakyat Amerika Serikat, bahwa saya akan sepenuhnya menerima hasil pemilihan presiden yang hebat dan bersejarah ini -- jika saya menang," ucap Trump di hadapan pendukungnya.

Trump kemudian memberi pernyataan tambahan, dengan menekankan dirinya akan menerima hasil pilpres yang jelas. "Tentu, saya akan menerima hasil pilpres yang jelas, tapi saya juga memiliki hak untuk menentang dan mengajukan gugatan hukum, jika hasilnya (pilpres) dipertanyakan," imbuhny.

"Dan selalu, saya akan mengikuti dan mematuhi seluruh aturan dan tradisi dari banyak kandidat sebelum saya. Selalu," ucap pengusaha asal New York ini seperti dilansir CNN.

Pernyataan ini merupakan pernyataan pertama Trump setelah debat capres terakhir digelar. Penolakan Trump untuk mengatakan akan menerima hasil pilpres mendatang, menuai kritikan dari banyak pihak termasuk kalangan Partai Republik sendiri. 

Salah satunya Senator South Carolina Lindsey Graham dari Partai Republik yang melontarkan komentar keras pada Trump. "Seperti kebanyakan warga Amerika, saya memiliki keyakinan dalam demokrasi kita dan sistem pemilu," tegas Graham via akun Twitter-nya.

"Selama debat ini, Trump sangat merugikan partai dan negara ini, dengan terus menyerukan hasil pemilu ini di luar kendalinya dan 'dicurangi' terhadap dirinya. Jika dia (Trump) kalah, itu bukan disebabkan oleh sistemnya yang 'dicurangi' tapi karena dia gagal sebagai seorang kandidat," imbuhnya.
Sumber: http://news.detik.com/internasional/d-3325999/donald-trump-saya-akan-menerima-hasil-pilpres-jika-saya-menang
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1