Diplomat Senior Korea Utara: Kami Tak Peduli Siapa Presiden AS

Author : Administrator | Rabu, 16 November 2016 06:07 WIB

Rina Atriana - detikNews

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Dok. Reuters)
Jakarta - Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat dalam pemilihan 8 November 2016 lalu. Pro kontra muncul pasca menangnya Trump. 

Korea Utara melalui Diplomat Seniornya menyatakan tak peduli siapapun yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat menggantikan Barack Obama. 

"Kami tidak peduli siapapun yang menjadi presiden Amerika Serikat," kata Diplomat Senior di bidang HAM dan isu-isu kemanusiaan yang bermukim di Pyongyang, Kim Yong Ho, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (16/11/2016). 

Menurut Kim, apa yang mereka pedulikan apakah Amerika akan menarik kebijakan bermusuhan dengan Korea Utara atau tidak. Selama ini Korut memang kerap menuding AS dekat dengan Korea Selatan dan membantu menyiapkan perang dengan melakukan latihan militer gabungan. 

Trump sebelumnya sempat mengatakan ada kemungkinan berbicara dengan pemimpin Korut Kim Jong Un untuk penghentian program nuklir di Pyongyang. Akan tetapi pernyataan Trump tersebut tak dapat dipastikan oleh penasihat pribadinya. 

Korea Utara memang berada di bawah sanksi PBB sejak 2006. Sejak Maret 2016, sanksi tersebut diperketat saat Korut melakukan uji coba nuklir keempat di Januari 2016 serta peluncuran roket jarak jauh sebulan kemudian. 

Amerika Serikat dan China selaku sekutu Korut telah melakukan negosiasi terkait rencana memberikan sanksi kepada Korut karena telah melakukan uji coba nuklir kelima yang merupakan yang terbesar sekitar 2 bulan yang lalu. 
Sumber: http://news.detik.com/internasional/d-3346288/diplomat-senior-korea-utara-kami-tak-peduli-siapa-presiden-as
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1