HISTORIPEDIA: Invasi Israel ke Mesir Picu Krisis Suez

Author : Administrator | Sabtu, 29 Oktober 2016 08:03 WIB

Pasukan Israel mengerahkan tank ke arah Terusan Suez (Foto: Reddit)

HARI ke-303 penanggalan kabisat menjadi saksi invasi Israel ke Mesir pada 1956. Tentara-tentara Israel memaksa masuk ke Mesir lewat Terusan Suez hingga memunculkan peristiwa yang diberi nama Krisis Suez. Situasi tersebut memicu salah satu krisis terbesar di Timur Tengah di tengah Perang Dingin.

Pasukan Israel beberapa hari kemudian mendapat bantuan dari pasukan Inggris dan Prancis. Invasi Israel, Inggris, dan Prancis ke Terusan Suez diawali oleh nasionalisasi kanal tersebut oleh Pemimpin Mesir Jenderal Gamal Abdel Nasser pada Juli 1956.

Dua tahun sebelumnya, militer Mesir menekan Inggris untuk mengakhiri kehadiran militernya di Terusan Suez. Padahal, kedua negara memiliki Perjanjian Anglo-Mesir yang ditandatangani pada 1936. Pasukan Gamal Abdel Nasser juga bertarung sengit dengan pasukan Israel di sepanjang perbatasan kedua negara.

Gamal Abdel Nasser tak sedikit pun memiliki simpati kepada Israel. Dukungan persenjataan dan pendanaan dari Uni Soviet membuat Nasser makin pongah. Kegagalan Amerika Serikat (AS) memenuhi janji menyediakan dana pembangunan Bendungan Aswan di Sungai Nil memicu perintah penutupan serta nasionalisasi Terusan Suez tersebut.

Inggris yang marah dengan keputusan tersebut langsung mencari dukungan ke Prancis. Paris yang yakin Nasser mendukung pemberontak di Aljazair mengangguk setuju. Pasukan Israel masuk terlebih dahulu ke Suez. Tetapi, mereka terkejut karena pasukan Inggris dan Prancis tidak serta-merta mengikuti invasi tersebut.

Alih-alih serangan kilat dengan kekuatan besar, serangan tersebut malah mandek. PBB langsung menerbitkan resolusi untuk meminta gencatan senjata antara kedua negara bertetangga tersebut.

Presiden AS Dwight Eisenhower berupaya keras menetralkan ancaman balasan dari Uni Soviet dengan meminta negara tersebut tidak ikut campur. Di sisi lain, Eisenhower menekan sekutu-sekutunya – Inggris, Prancis, dan Israel – untuk menarik pasukan dari Terusan Suez. Mereka akhirnya menarik mundur pasukan pada penghujung 1956 hingga awal 1957.

(war)

 


Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/10/28/18/1527214/historipedia-invasi-israel-ke-mesir-picu-krisis-suez
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1