UMM Siap Implementasikan KPT Berbasis KKNI di Tahun Ajaran Baru

Author : Administrator | Senin, 14 Agustus 2017 10:15 WIB

Berita UMM

SERIUS: Salah satu peserta tes tulis saat serius mengerjakan kertas ujian. (Distya/Humas)

MENYAMBUT mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah melakukan sejumlah persiapan, baik persiapan akademik maupun sarana penunjang. Terlebih, tahun ajaran 2017/2018 merupakan momentum awal implementasi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Hal ini dikatakan Wakil Rektor I bidang akademik, Prof Dr Syamsul Arifin MSi. saat ditemui di sela memantau jalannya tes tulis Penerimaan Mahasiswa Baru 2017 Jalur Reguler Gelombang III, Senin (14/8).

“Menariknya, KPT ini memberikan penguatan kompetensi mahasiswa sehingga jauh lebih siap menghadapi dunia kerja. Di kurikulum kami benar-benar menyiapkan sajian matakuliah yang punya jangkauan dan orientasi ke masa depan,” ujar Syamsul.

Aspek  kewirausahaan juga menjadi poin penting yang disajikan pada KPT KKNI. Ditambahkan Syamsul, kewirausahaan tidak selalu berkaitan dengan dagang. “Enterpreneurship sebetulnya lebih kepada penanaman mindset agar mahasiswa kreatif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan. Kalau toh nanti akan mengarah ke dagang, maka FEB dan FPP akan jadi pilot project-nya," pungkas Syamsul.

Pada tes gelombang III ini, sebanyak 2.172 calon mahasiswa baru (camaba) mengikuti tes. Ribuan camaba yang mengikuti tes ini dikelompokan menurut peminatan bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Agama. Peserta peminatan IPA mengikuti tes tulis di GKB I, peminatan IPS di GKB II, dan peminatan Agama di auditorium UMM.

Jika ditotal dari gelombang I hingga III, terhitung pendaftar UMM sebanyak 28.047 camaba. Dari jumlah ini, sebanyak 16.088 camaba tercatat mengikuti tes tulis. Sementara dari jumlah tersebut UMM hanya akan menerima 7.500 mahasiswa baru. Jumlah tersebut sudah termasuk camaba yang mendaftar beasiswa bidikmisi, yatim/ yatim piatu,  maupun Program Pendidikan Ulama’ Tarjih (PPUT).

Memasuki tes gelombang III, terkecuali program studi Pendidikan Dokter, UMM masih tetap membuka pendaftaran pada semua prodi di sembilan fakultas lain. Meski demikian, pengawalan ketat tetap dilakukan guna menjaga kelancaran tes tulis. Hasil pengumuman gelombang III dapat diakses melalui laman pmb.umm.ac.id pada 18 Agustus 2017 mendatang. Sementara, herregistrasi akan dilakukan pada 21 hingga 25 Agustus 2017. (ich/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image