UMM, PTS No. 1 Web Repository Rank di Indonesia dan No. 24 ASEAN

Author : Humas | Jum'at, 13 Februari 2015 16:52 WIB

Website Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menduduki peringkat 1 PTS Indonesia pada Web Repository Rank edisi Pebruari 2015.  Untuk level Indonesia keseluruhan, UMM menduduki peringkat 11.  Lebih jauh lagi, pada tingkat perguruan tinggi ASEAN, repository UMM menduduki peringkat 24.

Seperti diketahui, selain peringkat website universitas (webometrics), Cybermetrics Lab juga mengadakan pemeringkatan repository universitas se-dunia.  Repository menilai konten website, khususnya konten karya ilmiah sebuah perguruan tinggi.  Dalam hal ini ada 4 komponen yang dinilai, yaitu: Size (banyaknya halaman), Visibility (banyaknya link eksternal) , Rich Files (jumlah file karya ilmiah yang ada) dan Scholar (banyaknya karya ilmiah yang dikutip pihak lain).  Pemeringkatan diadakan dua kali setahun, yaitu edisi Pebruari dan Juli. 

“Alhamdulillah, pada edisi kali ini, repository UMM berhasil menduduki rangking 11 PTN/PTS di Indonesia, serta no. 1 untuk PTS Indonesia.  Bahkan level ASEAN, UMM menduduki peringkat 24”, kata Suyatno, Kepala Lembaga Infokom UMM.

Pada edisi kali ini, peringkat 1 sampai 3 diduduki IPB, Undip dan ITS.  Prestasi ini patut disyukuri mengingat persaingan mutu website universitas sekarang semakin ketat.  Banyak perguruan tinggi yang bekerja keras dan berlomba-lomba meningkatkan peringkatnya.

Berikut ranking web repository di Indonesia edisi Pebruari 2015:



untuk melihat peringkat secara keseluruhan dapat diakses pada alamat http://repositories.webometrics.info/en/Asia/Indonesia, sedangkan untuk peringkat ASEAN dapat dilihat pada alamat http://repositories.webometrics.info/en/Asia_Pacifico/South%20East%20Asia.(ys-infokom)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image