UMM Pertemukan Para Peneliti untuk Ciptakan Pengajaran Matematika Modern

Author : Humas | Sabtu, 23 Desember 2017 19:43 WIB
 

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menutup akhir tahun dengan dengan menghelat Konferensi Pendidikan Internasional yang dilaksanakan pada Sabtu (23/12). Konferensi ini ditujukan untuk membangkitkan semangat para peneliti yang memiliki konsentrasi pada bidang Matematika.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP UMM). Dr. Sudiran, M.Hum menyampaikan bahwa pada konferensi ini para peserta diajak untuk mengenal cara menyampaikan ilmu matematika bukan sebagai ilmu yang sulit dan sekedar ilmu yang berhubungan dengan hitung-menghitung. Matematika juga diharapkan dapat disampaikan sebagai ilmu yang dapat menghubungkan peserta didik dengan perkembangan era masa depan.

“Dengan dihadirkannya banyak pembicara dari negara-negara lain diharapkan kegiatan yang digagas oleh Program Studi Matematika FKIP UMM ini dapat menjadi sarana bagi para peneliti ilmu matematika untuk tidak hanya sekedar mengajarkan perhitungan matematika namun juga sebagai alat untuk mengenalkan perkembangan dunia melalui matematika” ungkapnya.

Mengangkat tema The Robbustness of Mathematics Education Invention kegiatan ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi para peneliti bidang matematika untuk terus memperkuat dan memperkaya penemuan.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih delapan puluh peserta dari berbagai universitas di Indonesia ini bertujuan sebagai saran bagi para peneliti bidang matematika untuk dapat mempublikasikan hasil riset mereka.

Pada sesi pertama diskusi, Prof. Dr. Mohd. Salmi Md. Noorani memaparkan poin-poin penting dalam menyampaikan ilmu matematika agar tidak menimbulkan miskonsepsi yang hingga saat ini terus menjadi persoalan dalam pembelajaran matematika.

“Matematika sebenarnya adalah sebuah kemahiran dalam berpikir, namun mathematics sering menjadi hal yang sangat tidak dicinta karena teradapat banyak misconceptions dalam penyampaian ilmunya,” ungkap Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Hubungan Internasional Fakultas Sains dan Teknologi Univesity Kebangsaan Malaysia.

Selain Prof. Dr. Mohd. Salmi Md. Noorani, pada kegiatan ini juga hadir sebagai pembicara utama di antaranya Dr. Lilla Adulyasas dari Universitas Yala Rajabhat Thailand, Dr. M. Syaifuddin, M.Si dari Universitas Muhammadiyah Malang Indonesia, Chanakya Wijeratne, Ph.D dari Universitas Colombo Sri Lanka, dan Nhelbourne K. Mohammad, M.Ed dari Universitas Cotabato Filipina. (nis/sil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image