UMM Lepas 4.885 Mahasiswa KKN Mengabdikan Diri di Dalam dan Luar Negeri

Author : Humas | Selasa, 26 Juni 2018 21:40 WIB
Penyematan jaket oleh Wakil Rektor III UMM, Sidik Sunaryo kepada perwakilan peserta
 
Terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, hari ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Pengarahan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ajaran 2018/2019 di Hall Dome UMM, Selasa (26/6). Tahun ini UMM melepas 4.885 mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga jenis KKN yaitu, KKN Khusus, KKN Internasional dan KKN Muhammadiyah untuk Negeri.
 
Dikelompokkan menjadi 142 kelompok, para peserta akan diberangkatkan pada tanggal (11-13/7). Wakil Direktur Bidang Pengabdian Masyarakat Dr. Masduki, M.Si. menyampaikan tahun ini pelaksanaan KKN di dalam negeri ada di 11 kabupaten/kota, 13 kecamatan, dan 142 desa.
 
“Mereka tersebar di Malang, Probolinggo, Tulungagung, Jombang, Lamongan, Pasuruan, Lumajang, dan Pacitan,” ujarnya.
 
 
Alik Ansyori Alamsyah, Kepala Divisi KKN menambahkan kelompok-kelompok tersebut harus memiliki program unggulan. Selain mensukseskan program, para peserta juga diminta untuk belajar mempublikasikan programnya melalui media cetak dan elektronik, membuat buku tentang KKN, membuat profil desa hingga video KKN yang kemudian diupload di youtube untuk meluaskan semangat pengabdian masyarakat.
 
Disiapkan secara matang sebelum keberangkatan, setiap kelompok juga dilengkapi dengan berbagai divisi untuk memaksimalkan kinerja. “Masing-masing kelompok terdapat divisi dan program di bidang agama, sosial, ekonomi, kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan,” ujarnya.
 
Sementara itu, untuk KKN Internasional di luar negeri, peserta tersebar di beberapa negara, mulai dari kawasan Asia hingga Timur Tengah. “KKN internasional ada yang ke Thailand 55 orang dari Fakultas Ke