UMM dan Ristekdikti Kawal Akreditasi Jurnal Ilmiah PT

Author : Humas | Sabtu, 25 Agustus 2018 11:00 WIB
 

 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ( RISTEKDIKTI ) menerbitkan peraturan baru No. 9 Tahun 2018 mengenai Akreditasi Jurnal Ilmiah dan Kebijakan dalam Pengolahan Jurnal. Bersama dengan Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sosialisasi dan penyerahan akreditasi jurnal untuk wilayah Jawa Timur dilaksanakan pada Jumat (23/8) di Aula Teknik UMM.

Acara tersebut dihadiri oleh 76 penulis Jurnal dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di 11 kota yang berada di Jawa Timur. ”Jurnal adalah sebuah karya dari dosen sebagai seorang pendidik sekaligus ilmuwan. Sebagai seorang ilmuwan kita mempunyai tugas untuk mengembangkan ilmu pengatahuan. Cara mengembangkan ilmu tersebut adalah melalui riset yang hasilnya nanti harus juga dipublikasikan,” ungkap Wakil Rektor 1 UMM.

Dr. Lukman selaku Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah DIKTI menyampaikan sosialisasi ini membahas bagaimana DIKTI siap membantu semua dosen dalam menghasilkan jurnal ilmiah yang baik dan terakreditasi di nasional ataupun internasional.

“Kami telah menyiapkan gratis biaya, panduan tulisan, dan bantuan server untuk perguruan tinggi yang belum memiliki server sekalipun, agar karya ilmiah di Indonesia terus meningkat dan semakin baik,” ujar Dr. Lukman untuk memotivasi para dosen yang hadir.

Tidak hanya sosialisasi aturan baru tentang jurnal ilmiah, dalam acara ini juga ada 76 Jurnal yang telah dikategorikan kedalam peringkat dua hingga peringkat 6 yang akan diberikan pernghargaan berupa akreditasi. Akreditasi ini diharapkan menjadi tolak ukur para dosen untuk mampu menghasilkan jurnal yang kualitasnya lebih baik untuk memperbaharui peringkat akreditasi mereka.

Acara sosialisasi dan akreditasi jurnal ilmiah seperti ini  sangat penting diadakan. Selain untuk memperkenalkan aturan baru yang diterbitkan oleh DIKTI, acara ini juga mampu membantu para dosen untuk mengerti bagaimana pengolaan jurnal ilmiah yang baik dan benar agar para dosen tersebut terus berkembang lebih baik dalam bidang ilmu pengetahuan.(fen/sil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image