UMM Ajak Masyarakat Siapkan Konsep Urban Farming Sambut Zaman Millenial

Author : Humas | Sabtu, 22 September 2018 14:49 WIB
Riza Rahman Hakim menabur garam pada air tempat hidup lele agar air memiliki kadar asam yang pas
Fishedupark Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus memberikan sumbangsih kepada masyarakat yang ingin belajar dalam dunia perikanan.
 
Kali ini Fishedupark mengadakan pelatihan budidaya ikan lele sistem bio natural (Biona) dan akuaponik dengan tema “The Real Urban Farming” pada Sabtu (22/9) di Laboratorium Perikanan UMM. Peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan mahasiswa, namun juga dosen, penyuluh dan praktisi dalam dunia perikanan. 
 
Pada pelatihan ini, peserta mendapat edukasi dan bukti  mengenai konsep real urban farming yang berisi cara budidaya lele system Biona, pembenihan lele berdasarkan standart Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (CPIB) dan juga praktek persiapan media air dan akuaponik.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Ganjar Adhy Wirawan, S.Pi., MP dan Riza Rahman Hakim, S.Pi., M.Sc selaku pemateri, keduanya merupakan dosen Perikanan UMM. 
 
Menurut Ganjar konsep urban farming perlu disosialisasikan dan diaplikasikan mengingat di zaman milenial saat ini Indonesia sudah mulai mengalami pergeseran masyarakat yang secara produktif mampu menghasilkan produk pangannya sendiri. 
 
Disamping itu masyarakat muda Indonesia juga sudah mulai kurang berminat pada sektor perikanan. Padahal di negara lain, hal ini justru sedang mengalami peningkatan. 
 
“Tidak hanya itu, pemanfaatan lahan-lahan sempit seperti di kota-kota misalnya juga jadi alasan. Masyarakat dituntut untuk maksimal dalam memanfaatkan lahan sempit serta air yang terbatas agar dapat diolah dengan baik. Sehingga kita harus mengkonsepkan urban farming itu sendiri,” imbuh Ganjar dalam paparan materinya.
 
Secara mendalam, tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan bukti nyata kepada masyarakat mengenai konsep real urban farming. Peserta diedukasi bagaimana mampu memproduksi ikan air tawar, khususnya ikan lele yang berkualitas baik dari sisi  kesehatan maupun mutu produknya. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kegemaran masyarakat terhadap produk perikanan, serta mengenalkan secara teknis Jurusan Perikanan FPP UMM kepada kepada masyarakat.
 
Di lain kesempatan, Fadhilah Purna Agustin salah satu peserta pelatihan merasa sangat tertarik dan teredukasi dengan kegiatan ini, utamanya dalam pemanfaatan lahan yang ada.
 
"Saya sangat tertarik dengan system Biona dan akuatik ini, karena saya ingin memanfaatkan kolam yang saya punya. Selain itu dengan adanya kegiatan ini, saya teredukasi mengenai system budidaya produk perikanan, manajemen pakan dan edukasi-edukasi lainnya," papar salah satu peserta asal Plaosan, Kabupaten Malang tersebut. (bel/sil)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image