Tiga Mahasiswa UMM Lolos EGTC News Presenter Competition Tingkat Nasional

Author : Humas | Jum'at, 28 September 2018 11:36 WIB

 

Para finalis berfoto bersama presenter dan reporter senior EMTEK Grup

Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) lolos Emtek Goes to Campus (EGTC) News Presenter Competition Tingkat Nasional. Mereka adalah Mar’atun Sholikhah, Agnia Addini dan Bertia Salma Mentari.

 

Sebelumnya, ketiganya berhasil menyisihkan 125 peserta yang lain setelah melalui tiga hari masa penyisihan. Pada hari pertama, ke 125 peserta disaring menjadi 28 orang semi finalis, di hari kedua dikerucutkan menjadi 10 dan pada hari terakhir dipilih 5 finalis terbaik. Tiga orang tersebut bersama dua mahasiswa asal salah satu PTN di Malang ini nantinya akan berkompetisi lagi dengan masing-masing 5 finalis lain dari 5 kota yaitu, Semarang, Malang, Jogja, Surabaya, dan Bandung.

 

“Hari pertama, kami bebaskan masing-masing materi pada peserta. Di hari kedua dan ketiga, kami yang berikan materi dan mereka berkompetisi di panggung utama disaksikan para peserta EGTC,” terang David Rizal, salah seorang reporter dan presenter Liputan 6 SCTV yang juga merupakan alumni Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM.

 

David menyampakan, masing-masing babak penyisihan dinilai melalui beberapa kriteria, yakni penampilan (good looking), kemampuan presenting dan live report, dan terakhir wawasan peserta. “Setelah melalui babak penyisihan, lima terbaik News Presenter Competition yang akan mengikuti lomba lanjutan di tingkay nasional,”ujarnya.

 

Salah satu  finalis Mar’atun Sholikhah atau akrab dipanggil Ika mengaku bahwa keberhasilannya kali ini merupakan hasil dari usahanya yang tak kenal meyerah. Ia bahkan mengaku telah mengikuti ajang bergengsi ini lima kali.  

 

“Aku udah lima kali ikut. Dulu ikut sejak semester dua dan terus mencari informasi tentang EGTC hingga akhirnya aku tahu kalau EGTC akan ada di UMM,” ujar Ika.

 

Mempersiapkan perlombaan banyak cerita dari para peserta. Mulai dari permasalahan kostum, hingga kebingungan mencari materi berita sebanyak-banyaknya.

 

“Aku baru bisa tidur jam 01.00 WIB dan aku sebenarnya pesimis karena dibanding peserta lain, aku sendiri yang pertama kalinya ikut ini dan tidak memiliki pengalaman sebanyak Ika dan Aris,” pungkas Agnia, yang merupakan mahasiswa Hubungan Internasional UMM.

 

Sejak tahun 1997, Emtek Goes to Campus (EGTC) yang dulunya bernama SCTV Goes to Campus hingga kini tetap menyisir kampus-kampus negeri maupun swasta di Indonesia. Selama tiga hari (25-27/9) EGTC News Presenter Competition digelar di Umm. Pendaftar tidak hanya mahasiswa asal Malang tetapi juga berbagai kota lain di Jawa Timur seperti Surabaya dan Kediri. (apn/sil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image