Termotivasi dengan Kakak Tingkat Hingga Menyabet Juara 1 Legal Opinion Law Competiton 2018

Author : Humas | Sabtu, 22 September 2018 13:27 WIB

 

Komunitas Riset dan Debat Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki misi untuk meningkatkan mutu akademik mahasiswa yang tergabung di dalamnya. Hal ini yang mendasari komunitas tersebut untuk berproses bersama dalam kegiatan-kegiatan pada bidang kompetensi riset dan debat hukum yang dilakukan di dalam universitas maupun luar universitas.

 

Kali ini, Komunitas Riset dan Debat berhasil mengantarkan dua timnya lolos pada tahap seleksi di Andalas Law Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas. Ialah Ratu Julhijah (19) mahasiswi asal Nusa Tenggara Barat yang berhasil keluar sebagai Juara 1 Legal Opinion Andalas Law Competition 2018 yang diselenggarakan pada (16-19/9) di ranah minang.

 

Ratu berhasil menyabet juara dengan pendapat hukumnya yang berkaitan dengan permasalahan konflik sosial pertambangan panas bumi yang terjadi di wilayah Batu Bajanjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sebelumnya ia telah mengirimkan bahan presentasi pada saat proses penyeleksian yang dilakukan pada sebulan sebelumya.

 

Tak lama kemudian ia lolos seleksi dan dipanggil untuk mempresentasikan opini tersebut di depan dewan juri (18/9). Ia menyampaikan opini tentang legalitas izin PT Hitay Daya Energi dan PT dilihat secara hukum positif tidak memiliki izin usaha akan tetapi telah melakukan usaha lebih dulu. Berdasarkan hal tersebut, ia pun merekomendasikan para pejabat tinggi melakukan pengujian izin di PTUN. Mahasiswa Fakultas Hukum semester lina ini pun berhasil mengalahkan tujuh finalis lainnya dari berbagai universitas di Indonesia.

 

Ratu sendiri mengikuti kompetisi tersebut karena motivasi awal ingin bisa menuliskan mengenai pendapat hukum yang sesuai dengan program studi yang ia ambil. Tidak hanya itu, ia juga mengaku termotivasi dengan progres kakak tingkatnya dalam mengikuti kompetisi-kompetisi legal opini.

 

“Yang benar-benar menjadikan motivasi buat saya adalah saya melihat progres kakak tingkat saya, Febriansyah Ramadhan yang setiap kali ada kompetisi selalu ikut, baik penulisan dan legal opini. Jadi saya benar-benar termotivasi dan dalam kompetisi ini saya juga dibimbing olehnya,” tuturnya.

 

Kompetisi ini merupakan pengalaman baru bagi Ratu dalam bidang karya tulis. Sebelumya beberapakali ia telah menjuarai kompetisi debat, salah satunya kompetisi debat regional timur dan kompetisi debat Mahkamah Konstitusi Nasional.

 

Terakhir, ia juga bersyukur telah mengharumkan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang di tingkat nasional kali ini dan berharap kedepannya ada peningkatan mutu akademik setiap mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Riset dan Debat. “Alhamdulillah, kami sangat senang sudah bisa membanggakan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang. Kedepannya kami akan berproses bersama-sama dengan anggota Komunitas Debat dan Riset dalam peningkatan mutu aademik anggota kami.” ujarnya.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image