Teknologi Komunikasi untuk Penderita Lumpuh Total

Author : Humas | Jum'at, 23 April 2010 13:37 WIB
 
Fakultas Teknik UMM menggelar seminar dan workshop nasional yang bertajuk Brain Computer Interface; Solusi Berkomunikasi dengan Penderita Lumpuh Total, Sabtu (10/04), di UMM Dome. Seminar sehari ini mendatangkan beberapa orang pakar, baik dari bidang teknologi maupun dari bidang psikologi.

Mereka adalah Mochammad Hariadi ST, MSc, PhD (Pakar Kecerdasan Buatan ITS), Nathan Gusti Ryan (IT Consultant-XP Solution Surabaya dan Moderator Milis Nasional Yogyafree XCode-White Hacker Community), Amelia Pramono, S.Psi (Direktur Children Leadership Education), Narenda Wicaksono (Microsoft IT Pro Advistor), Ronald Rajagukguk (Microsoft Developer Advisor) serta Tim Perusahaan Processor (Advanced Micro Devices).

Brain Computer Interface (BCI) merupakan teknologi pengendalian suatu perangkat tanpa menggunakan otot, suara dan sebagainya yang melibatkan fungsi motorik. Dengan kata lain, teknologi BCI merupakan teknik pengendalian suatu perangkat memakai “pikiran”. Diharapkan dengan adanya teknologi BCI ini dapat dimanfaatkan untuk sarana komunikasi bagi penderita lumpuh total, untuk rehabilitasi dan bisa juga dimanfaatkan untuk teknik kendali dalam game komputer.

Sabri Balafif, ketua panitia dari seminar ini mengatakan bahwa maksud dari diadakannya seminar ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa maupun umum mengenai sisi positif dari kemajuan teknologi, dalam hal ini mengenai solusi berkomunikasi dengan penderita lumpuh total. “Selain itu, wawasan semacam ini memang belum pernah diajarkan dalam mata kuliah disini, padahal ini dinilai penting untuk merangsang mahasiswa agar lebih peka dalam menyikapi permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita,” kata Sabri.

            Seminar dan workshop yang diikuti oleh 300 orang peserta ini dimeriahkan dengan demo Microsoft Robotics Studio dan juga hiburan berupa tarian tradisional oleh tim dance. Selain itu, seminar ini juga dihadiri oleh Duta Wisata Kota Malang, Kabupaten dan Batu. (trs/nas)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image