Sinergi UMM – Pemerintah Malang Akselerasi Sejahterakan Masyarakat

Author : Humas | Senin, 05 Agustus 2019 12:49 WIB
Plt. Bupati Malang, Drs H. M Sanusi MM saat bersalaman dengan Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd (Foto: Candra/Humas)
Untuk kesekian kalinya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) secara langsung diminta mendampingi pemerintahan demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Giliran pemerintah Kabupaten Malang yang menggandeng UMM. Plt. Bupati Malang, Drs H. M Sanusi MM berserta seluruh kepala dinas di kesatuan pemerintah Kabupaten Malang berkunjung ke UMM, Jumat (28) siang dalam rangka merealisasikannya.
 
Sambutan hangat diberikan oleh Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd di Ruang Sidang Senat UMM. Pada kesempatan tersebut, UMM dengan khusus disambangi Sanusi untuk diajak berkolaborasi dalam berbagai ranah strategis yang digarap oleh Pemerintah Kabupaten Malang. “Implementasi adalah hal yang utama,” tutur Fauzan. Artinya semua elemen musti bekerja sungguh-sungguh tidak hanya ranah konsep.
Baca juga: Libatkan 20 Wasit Profesional, RS UMM Gelar Kompetisi Futsal Antar RS se-Malang Raya
UMM secara aktif telah menyusuri daerah-daerah terpencil di Kabupaten Malang, dengan Mobil Bioskop Keliling (BIOLING) dan Mobil KaCa (Kamis Membaca). “Mobil-mobil ini UMM ini menjadi bagian dari interaksi sosial,” ungkapnya. Sehingga, lanjutnya, tidak ada sekat antara perguruan tinggi dan masyarakat. Hal tersebut penting bagi Fauzan, sebagai salah satu wujud pengabdian Perguruan Tinggi pada masyarakat.
 
Selama ini, terang Fauzan, UMM terus melayani melayani pendidikan masyarakat di atas wilayah Kabupaten Malang. “Ketika bertemu orang luar daerah, kita tidak pernah menyebut kabupaten atau kota. Malang ya, Malang,” tuturnya sembari berkelakar. Bagi Fauzan, Kabupaten Malang merupakan laboratorium strategis bagi sivitas akadamik UMM untuk mengejawantahkan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi UMM. 
Baca juga: Jombang Minta UMM Lejitkan Potensi Daerahnya
Dijelaskan Fauzan, UMM juga diamanahi Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hutan ini akan dikelola untuk pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni. Hutan ini terletak di Pujon di bawah Kesatuan Pengelolaan Hutan  (KPH) Kabupaten Malang yang memiliki luas 75.09 Ha.
 
Semangat UMM ini kemudian diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Sanusi mengungkapkan, banyak sektor yang dapat dikerjakan bersama UMM. Mulai dari sektor pendidikan hingga ekonomi. Misalnya, guru-guru di Kabupaten Malang didorong memiliki latar pendidikan yang baik pula, tidak hanya lulusan S1. Misalnya dengan lanjut mengambil Prodi Pendidikan Profesi Kampus UMM,” ungkap Sanusi.
 
Sanusi melalui para kepala dinasnya berharap agar ke depan mereka dapat meningkatkan kinerjanya setelah masif berkolaborasi. Tak lupa, Sanunsi juga mengungkapkan rasa kagumnya pada UMM. “UMM banyak geraknya dari pada bicaranya,” tutur Sanusi yang disambut dengan tepuk tangan. Seperti kata hadits, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. (mir/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image