Siapkan Rector Cup untuk Ajang Nasional dan Internasional

Author : Humas | Sabtu, 07 Maret 2015 12:39 WIB

OPENING: Pembantu Rektor III Dr Diah Karmiyati Psi (tengah merah) saat memotong balon bertanda resminya pembukaan Rektor Cup di lapangan sepak bola UMM.(7/3)

SEJAK tanggal 7 Maret hingga 25 April 2015 ini, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki panggung adu kreativitas dan meraih prestasi melalui berbagai perlombaan dan kompetisi yang diwadahi dalam event Rector Cup. Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilakukan di stadion UMM, Sabtu (7/3).

      Pembantu Rektor III Dr Diah Karmiyati Psi dalam sambutan pembukaan berharap, melalui Rector Cup akan terlahir perwakilan dari UMM yang bisa diikutkan pada kegiatan tingkat regional, nasional maupun internasional. Selama ini, menurut Diah, perwakilan mahasiswa UMM memang telah banyak terlibat dalam berbagai kompetisi internasional. 

      Diah tak lupa mengingatkan pentingnya sportivitas dan semangat fair play dalam berkompetisi. Ia juga meminta perwakilan masing-masing fakultas yang mengikuti lomba agar bersungguh-sungguh. “Kesungguhan dan sportivitas dalam berbagai kompetisi Rector Cup sangat dituntut, karena selain memperjuangkan fakultas yang mengutus, para pemenang juga nantinya akan membawa nama baik UMM di kancah nasional dan internasional,” ucapnya.

      Semangat sportivitas Rector Cup juga didukung suasana kampus yang diakui presenter olahraga kenamaan Boy Noya memiliki contour yang bisa membuat penghuninya merasa nyaman dan fresh. Noya bahkan menyebut UMM sebagai yang memiliki apresiasi besar terhadap olahraga.       

      Sementara itu ketua panitia Henik Sukorini menjelaskan, Rector Cup merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa. Tahun, Rector Cup  mengusung tema “Kompetisi Sehat demi Martabat”. Makna dari tema ini, tambah Diah, berangkat dari usaha UMM dalam membangun kualitas pribadi mahasiswa yang diharapkan mampu berkompetisi secara sehat, gigih dan gagah.

      Henik melanjutkan, kegiatan meliputi 53 cabang perlombaan yang diadakan oleh 21 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) penyelenggara. Tahun lalu, juara umum diraih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Di acara pembukaan ini, juga dilakukan prosesi penyerahan piala bergilir Rector Cup 2014 dari perwakian juara umum kepada PR III. Selanjutnya, kegiatan pembukaan Rector Cup hari ini ditutup dengan pertandingan persahabatan Sepakbola antara dosen dan karyawan versus mahasiswa.

      Koordinator kontingan FKIP yang tahun lalu menjadi juara umum, Muhammad Faruq Ridwan, mengaku percaya diri dapat mempertahankan piala bergilir sebagai telah dicapai tahun sebelumnya. Agar target tercapai, Faruq menyebut bahwa FKIP telah menyiapkan secara maksimal hal tersebut dengan mempercepat pengadaan kompetisi Dekan Cup di tingkat fakultas.

      Selain itu, FKIP juga terlibat dalam seluruh cabang perlombaan yang dipertandingkan. “Dari 53 cabang yang dilombakan, FKIP mengikuti semuanya. Itu bagian dari strategi, karena tidak semua fakultas mengiripkan delegasi pada setiap cabang perlombaan.” 

      Faruq berharap, setiap fakultas tidak meremehkan lomba apapun yang diikutinya. Ia mengakui ada beberapa cabang yang memiliki gengsi yang sangat tinggi seperti bola voli, sepakbola, dan basket. “Tapi, walaupun gengsinya tinggi, nilainya kan sama saja. Jadi jangan sampai ada lomba yang diremehkan,” ucapnya. (sel/han)

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image