Seminar Riset Eksternal DPPM UMM

Author : Humas | Kamis, 19 November 2009

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhahammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar Seminar Regional Hasil Penelitian Eksternal 2009. Bertempat di Aula BAU, Jum’at-Sabtu, (23-24/10) sekitar 150 peneliti dari berbagai PTS se-Malang Raya akan mempresentasikan hasil penelitian eksternal dari berbagai disiplin ilmu.

Di hari pertama hadir pembicara yang akan mengupas tuntas program penelitian eksternal yang dapat diraih peneliti. Selain itu, peneliti akan berbagi strategi penyusunan proposal penelitian.

            Hadir sebagai pembicara, Wakil Direktur Bidang Penelitian DPPM UMM, Dr Maftuchah, MP dan Wakil Direktur bidang Pengabdian Masyarakat Dr Adi Susanto. Mereka akan membeberkan skim baru penelitian dan pengbdian masyarakat. Tidak hanya itu, acara yang digelar tiap tahun ini, menghadirkan pula Guru Besar UMM Bidang Pemerintahan, Prof Dr M Mas’ud Said yang akan memaparkan strategi penyusunanan proposal Penelitian Strategis Nasional. Serta tak ketinggalan Dr Jabar Tarikh yang akan berbagi trik menembus Hibah Pasca Sarjana.

Maftuchah mengatakan, banyak peneliti telah berhasil meraih berbagai program penelitian. Seperti penelitian dosen muda/kajian wanita, penelitian fundamental, hibah bersaing, hibah pekerti, atau hibah lain yang terbilang umum atau banyak dibidik. Namun, tidak banyak peneliti yang mengetahui program penelitian yang ditawarkan di luar program-program itu.

            Lebih lanjut dosen pertanian ini mencontohkan, program Kerja Sama Kemitraan Penelitian Pertanian dengan Perguruan Tinggi (KKP3T) akan dijabarkan Ir Agus Zainudin, MP. Melalui Badan Litbang Pertanian, KKP3T berupaya membangun dan memperkuat jaringan kemitraan antara UK/UPT lingkup Litbang Pertanian dengan perguruan tinggi, termasuk peneliti, staf pengajar agar mengembangkan IPTEK dasar dan terapan di bidang pertanian. Dana maksimal yang dapat diraih mencapai 150 juta rupiah.

Tahun ini, DPPM mengambil tema “ Penguatan Daya Saing Bangsa melalui Riset Berorientasi Industri dan Pengabdian pada Masyarakat”. Tema ini dirasakan penting, karena selama ini penelitian yang telah dilakukan dosen terkadang hanya sampai taraf terpublikasikan. Namun jarang penelitian itu sampai taraf dikomersilkan atau industri. Padahal dari hasil riset yang telah dilakukan, juga dapat digunakan bersaing dengan peneliti negara lain. Dengan seminar ini diharapkan peneliti dapat lebih bersaing dan meningkatkan kualitas penelitian.

Mergernya LPM dan Lemlit menjadi DPPM menjadikan acara tahunan ini lebih semarak. Kali ini, DPPM berhasil menghadirkan 150 peneliti menjadi peserta seminar. Jumlah ini merupakan paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peneliti dari ITN, Unmer, Univ Widyagama, Univ Ma-Chung, Ikip Budi Utomo, Stiba Malang, STIE Malang Kucecwara siap menjadi peserta dan memamerkan hasil penelitiannya.(rka)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image