Seminar Fotografi Jalanan, Ajarkan Trik Foto dengan Ponsel

Author : Humas | Rabu, 04 Maret 2015 16:17 WIB
BERBAGI PENGALAMAN: Fotografer street Paul Zakaria saat berbagi tips tentang memotret dengan ponsel dengan pendekatan street dihadapan peserta seminar diteater dome UMM.

JURNALISTIK Fotografi Club (JUFOC) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar seminar fotografi dalam rangka ulang tahunnya yang ke- 25. Lembaga Semi Otonom (LSO) di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM ini diadakan di Theatre UMM Dome, Selasa (3/3). 

      Bertemakan Street Photography, seminar yang juga dirangkai dengan lomba fotografi ponsel ini disampaikan oleh penulis buku “Street Photography dengan Ponsel” Paul Zakaria. Menurutnya, ponsel tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Fitur kamera yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk kepentingan fotografi. "Memotret dengan ponsel bisa membuka dunia," ucapnya.

      Paul berujar, fotografi jalanan adalah cermin dari masyarakat yang apa adanya, dengan menayangkan adegan tak terencana. Subyek juga tak sadar sedang direkam. "Subyek difoto secara unik dan tidak lazim, momen spontan, juga unik,” kata Paul. 

      Seminar diikuti anggota muda JUFOC angkatan 2014, serta delegasi komunitas dan klub fotografi dari sejumlah kota, seperti Forum Komunikasi Fotografi Mahasiswa (Forkom) Semarang, Forkom Jogjakarta, Focus Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Prisma Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dan UKM G-Poc Universitas Gajayana Malang.

      Untuk lomba fotografi ponsel, terdapat tiga pemenang. Juara pertama diraih Imam Munandar yang berhak mendapatkan hadiah berupa kamera saku dan voucher belanja. Sementara itu juara kedua Aji Susanto dan juara ketiga Ais Iqbal masing-masing berhak mendapatkan voucher belanja. (rhe/zul/han)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image