Satu-satunya Pemain Perempuan, Alea Antarkan Kemenangan Bagi Tim U-11 SSB UMM

Author : Humas | Senin, 22 Oktober 2018 12:27 WIB
Ela Yoi Salwa (kanan), dan kakak Jasmine Sefia Waini (kiri) (Foto: Mirza/Humas UMM)
SIAPA sangka, di balik kemenangan Tim Sekolah Sepak Bola U-11 Universitas Muhammadiyah Malang (SSB UMM), ada sosok perempuan yang punya peran teramat penting. Dialah Alea Yoi Salwa. Striker Tim SSB UMM ini menghantarkan timnya sebagai juara 2 perhelatan 2 tahunan Kompetisi Sepak Bola U-11 Piala Rektor UMM 2018. Alea menyumbang 2 gol bagi kemenangan SSB UMM. Raihan itu pula mengukuhkan kedua Tim dari SSB UMM sebagai juara umum.
 
Darah sepak bola memang mengalir di tubuh gadis mungil kelas 2 siswi SDN Ngadirejo 1 ini. Bagaimana tidak. Ayahnya, Dwi Cahyono, merupakan pelatih sepak bola SSB UMM yang melatih langsung Alea. Sementara sang kakak, Jasmine Sefia Waini Cahyono masuk dalam komposisi pemain tim nasional (Timnas) putri Indonesia U-15 dan U-16. Jasmin, awal 2017 lalu, mewakili Indonesia dalam kompetisi Asean Football Federation (AFF) di Laos tahun 2017 dan 2018 di Palembang. Juga, perhelatan Asian Football Confederation (AFC) di Kirgistan baru-baru ini. 
 
Karena sering mangantar kakaknya bermain sepakbola, Alea juga akhirnya tertarik belajar bermain seni mengolah si kulit bundar ini. Diakui sang Ayah, melalui tangan dingin dari dirinyalah yang membuat mereka punya semangat bermain sepak bola. “Di lapangan, mereka selalu saya ajarkan sendiri cara bermain sepak bola yang benar. Selesai dari lapangan, selalu saya evaluasi kesalahan-kesalahannya. Alhamdulillah, sampai saat ini sudah terlihat hasilnya,” ungkap Dwi Cahyono bangga. Ia berharap Alea dapat mengikuti jejak sang Kakak untuk turut bergabung ke Timnas Indonesia. 
 
Mengomentari prestasi ini, Rektor UMM Dr. Fauzan M.Pd menyampaikan, ke depan pihaknya akan mengadakan kompetisi ini rutin dua tahunan. Ini adalah wujud komitmen UMM mendukung penuh olahraga sepak bola, sekaligus pembibitannya. “Kami akan tingkatkan kerjasama dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia, red.), baik di tingkat Malang Raya maupun Provinsi,” tangkasnya. Ia ingin, dari kompetisi ini lahir Alea dan Jasmin lain yang dipersiapkan menjadi pemain-pemain handal di kancah nasional maupun internasional.
 
Visi SSB UMM sebagai penyelenggara utama kompetisi ini, kata Fauzan, sejalan dengan harapan adanya kompetisi ataupun turnamen sepakbola yang sportif, ramah dan damai. Dilanjutkan Fauzan, adapun kompetisi semacam ini sekaligus menunjukan kepedulian dan keseriusan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. Dua tahun kedepan, sebut Fauzan, Piala Rektor UMM bakal diselenggarakan dengan skala lebih besar. Ia berharap para SSB dari berbagai kota bisa mempersiapkan timnya lebih baik lagi. (can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image