Sabet 2 Gelar, Mahasiswa UMM Dominasi Kemenangan di Ajang Debat Nasional

Author : Humas | Kamis, 28 November 2019 10:41 WIB
Delegasi Tim A dan Tim C dari UMM berfoto dengan Piala di NASTEC (FOTO: Istimewa)
Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Debating Society International Language Forum (EDS ILF) kembali memborong dua piala sekaligus pada ajang National Debate Competition (NASTEC) season 1 yang diadakan di  Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang tanggal 23-24 November lalu.
 
Delegasi dari UMM mendelegasikan 3 tim yakni, Tim A “Money Oriented” Erfan Kriwanto (FPP) dan M. Ilham dan Zulfiany Madjid (FKIP); Tim B  Ghozi Mubarok (FISIP) Lucke Kharimah (FISIP), dan Shelvi Annisa (FEB); dan Tim C “Boon” Wijil Danu Baskoro(FT), Nina Nurazizah (FPP) dan Annisa’ Taqiyyatul Azizah (FAPSI). 
 
“Persiapan kami hanya satu minggu berlatih di ruangan sekretariat ILF secara non-stop,” ujar Wijil
 
Baca Juga: Sisihkan UGM, Kopma UMM Sabet Piala Tetap Gubernur Banten
 
Lomba debat Bahasa Indonesia yang mengusung tema besar “Dinamika Akuntan di Era Cyberaccounting” menerapkan sistem gugur dari mulai babak prelim, oktofinal, quarterfinal sampai ke semifinal. Dengan mengakumulasikan skor dari 3 penilaian, yakni cara penyampaian (method), gaya bicara (manner) dan bobot materi yang disampaikan (matter). Dan aturan lawan diterima secara acak sesuai perolehan skor. 
 
Dari setiap babak yang dilewati, peserta mendapat judul atau biasa disebut mosi yang menjadi topik utama perlombaan dengan pro dan kontra terhadap mosi. “Dari setiap mosi yang terlewat, menurut saya Kriptokurensi atau biasa yang disebut BIT Coin yang paling susah. Karena dalam menyampaikan materi setidaknya kita sudah harus riset terlebih dahulu. Tapi, alhamdulillah, kami mendapat tim kontra dan menang ke babak selanjutnya,” tambah Wijil.
 
Baca Juga: Seminar Nasional FH UMM: Bahas Advokat dan Contempt of Court dalam RUU KUHP

 

Dua tim dari UMM sukses melaju pada babak semifinal dan berhasil mendapatkan Juara Runner Up dan Juara 3. Pada perebutan juara 3, Tim B dan C sempat ditandingkan bersama dalam satu mosi, sampai pada akhirnya Tim B yang berhasil maju ke babak Final, dan Tim C harus rela mendapat Juara 3. Sedangkan tim C harus gugur pada babak Oktofinal.
 
EDS ILF memang sering mengikuti berbagai ajang perlombaan Debat Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, selain perlombaan ini, beberapa prestasi gemilang didapat, diantaranya pernah menyabet Juara 1 pada YEEC STPP tahun 2018, dan mendapat Runner Up pada ajang English Debate Competition di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Maret lalu. (yas/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Muhammadiyah