Roadshow Mekatronic Team UMM Jelang Laga di Malaysia

Author : Humas | Senin, 01 April 2019 12:18 WIB
Mekatronic Team UMM berfoto bersama para siswa. (Foto: Istimewa

Mekatronic Team Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan sosialisasi mobil hemat energi di SMK Negeri 1 Singosari Jumat (29/3). Dalam rangka mengikuti Off-Track Awards Shell Eco Marathon Asia (SEM Asia) 2019 kategori Communication Award. Off Track Awards merupakan penghargaan di luar dari Eco Marathon Challenge.  Tujuannya untuk mengenalkan tim sebelum kompetisi.

Lebih dari itu, Tim Mobil listrik yang bakal berlaga di ajang bergengsi tingkat Asia ini hendak memperkenalkan lebih dekat mobil hemat energi besutannya dengan para siswa SMK yang mengambil jurusan teknik, utamanya teknik mesin. “Masalah kehematan energi dan efisiensi, perlu dikenalkan secara riil ke siswa-siswa sejak dini,” ungkap Dwi Puji, salah satu anggota Mekatronic Team kepada puluhan siswa.

Saat melakukan sosialisasi, para siswa antusias ingin mengetahui bagaimana mobil Mekatronic Team dirakit dan memenangkan berbagai ajang nasional dan internasional. “Aerodinamis mobil dirubah untuk mendapatkan coeficient drag  seminimal mungkin. Kemudian material body dibentuk lebih kaku sehingga dapat mempercepat laju mobil,” terang salah satu anggota tim Mekatronic kepada para siswa.

Baca juga: Universitas Malaysia Ini Belajar Pengelolaan Amal Usaha ke UMM

Pada kompetisi di Malaysia April mendatang, Dwi CS akan berkompetisi menggunakan energi sesedikit mungkin untuk melewati track panjang. Mobil ini mengandalkan mesin BLDC Motor 400 Watt. Sementara tempurung berbahan carbon fiber dan sasis aluminum. Sementara ban pelek berukuran 17 inchi serta roda dasar berukuran 1250 milimeter. Keseluruhan bobot mobil yakni 80 kilogram.

Kedepan, masih ada tiga sekolah lagi yang hendak dikunjungi dan diberikan motivasi oleh Mekatronic Team. Menurut Dwi, sosialisasi ini diharapkan dapat benar-benar menyemai semangat siswa-siswa dalam menghemat energi melalui setiap karya yang mereka buat. “Mudah-mudahan ini juga akan menjadi semangat kami saat menaklukkan Sirkuit Sepang, Malaysia nanti,” tandas Dwi. (mir/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image