Reputasi UMM Untungkan Wisudawan

Author : Humas | Sabtu, 30 Mei 2015 14:55 WIB
Penyerahan penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) oleh sekretaris Kopertis 7 Ali Maksum pada Rektor UMM Muhadjir Effendy.

PROSESI wisuda ke-76 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berlangsung Sabtu (30/5) di UMM Dome yang dihadiri 1.377 wisudawan ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMM dan Kota Batu serta penyerahan piala Anugerah Kampus Unggulan (AKU) oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII.

      Penghargaan AKU merupakan yang kedelapan kalinya diraih UMM, sekaligus menjadi yang tak tertandingi sejak diselenggarakannya pada tahun 2008. Dalam waktu hampir bersamaan, Direktorat Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM juga meraih ISO 9001:2008, menyusul pengakuan akreditasi dari Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) Kementrian Ristek. Hal itu melengkapi prestasi UMM sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) peraih cluster Mandiri.

      Bagi ketua Badan Pembina UMM Prof Dr Malik Fadjar MSc, berbagai hal itu menunjukkan bahwa UMM selalu diwarnai prestasi dan penghargaan. Lebih lanjut Malik menilai, prestasi merupakan sesuatu yang dapat membuat seseorang maupun sebuah institusi lebih bergairah dalam menapaki masa depan.

      “Prestasi membuat kita semakin optimis dalam menempuh perjalanan hidup. Karena itu Anda (wisudawan) juga harus mengandalkan prestasi agar hidup Anda lebih bergairah. Selain prestasi, hal yang harus melekat pada diri Anda yaitu karakter. Tataplah hari esok dengan kekuatan karakter dan prestasi yang Anda miliki,” papar Malik yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini.

      Mengamini hal tersebut, Rektor UMM Prof Dr Muhadjir Effendy MAP berharap, para lulusan ini nantinya dapat menampilkan wajah UMM yang positif di mata publik. Muhadjir percaya bahwa UMM adalah kampus yang memiliki reputasi sangat bagus sehingga lulusannya tak perlu khawatir ketika mengenalkan almamaternya di dunia kerja.

      Rektor juga menyebut bahwa wisuda kali ini merupakan wisuda dengan peserta terbanyak, sehingga hampir mencapai 1.400 orang. Hal itu menurutnya dilatari bertambahnya daya tampung mahasiswa baru yang masuk di kampus ini, setidaknya dalam dua tahun terakhir.

      Pada kegiatan wisuda ini, turut hadir walikota Batu Eddy Rumpoko yang memberikan pidato wisuda bertema “Pengembangan Batu sebagai Kota Wisata Internasional Berbasis Pertanian Organik” sekaligus penandatanganan MoU antara UMM dan kota Batu.

      Hadir pula sekretaris Kopertis 7 Prof Ali Maksum yang menyerahkan piala AKU kepada Rektor, serta Prof Dr H Sjafri Sairin perwakilan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dalam paparannya, Sjafri Sairin menilai lulusan UMM memiliki keuntungan berlimpah, selain lantaran prestasi dan reputasi UMM, juga karena potensi jaringan alumni Muhammadiyah seluruh Indonesia yang dimiliki UMM. (han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image