Rektor UMM: Jadilah Guru yang Kehadirannya Selalu Dinanti

Author : Humas | Senin, 10 Desember 2018 16:12 WIB
Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. (Foto: Mirza/Humas)

REKTOR Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Fauzan, M.Pd, saat melepas kelulusan 56 Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berpesan, agar kehadiran guru seharusnya sentiasa dinantikan anak muridnya.

“Guru haruslah mampu menciptakan suasana yang menyenangkan. Jika di dalam kelas, kehadirannya selalu di nanti. Murid-muridnya harus selalu senang, bukan sebaliknya," kata Fauzan di hadapan lulusan PPG UMM serta sejumlah guru dan kepala sekolah Kota Malang,  

Dalam sambutannya itu, ia lantas menjelaskan peran guru yang teramat penting. Baginya, sejatinya tugas utama guru ialah bertanggungjawab dalam investasi sumber daya manusia di masa depan. Ia mengatakan, guru juga harus jadi tempat muridnya bertanya. Baik seputar ilmu pengetahuan, juga tentang kehidupan.

Dilanjutkan Fauzan, orang yang masuk Surga terlebih dahulu adalah orang yang mau mengamalkan ilmunya, dalam hal ini guru. Begitupun, dikutip Fauzan, yang telah dijelaskan oleh hadist, “Barang siapa yang tidak mengamalkan ilmu, seperti pohon rindang yang tak berbuah,” ujarnya.

Tentunya, kembali ditegaskan Fauzan, pemaknaan guru tidak hanya memberikan ilmu semata, akan tetapi sebuah figur yang mampu diteladani. Oleh karena itu pembentukan karakter dapat dilakukan tidak hanya melalui transfer pengetahuan, akan tetapi nilai untuk masa depan. (nda/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image