Rektor RAC Kamboja Sediakan Beasiswa Bagi Mahasiswa UMM

Author : Administrator | Jum'at, 06 Januari 2017 16:34 WIB

Berita UMM

Rektor Royal Academy of Cambodia H.E. Dr. Khlot Thyda bersama Rektor UMM Drs. Fauzan, M.Pd. foto bersama selepas penandatanganan MoU.

SEJAK tiga tahun terakhir, telah banyak warga Kamboja yang belajar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), baik sebagai mahasiswa reguler maupun maupun melalui jalur beasiswa Dharmasiswa. Hal itu menjadi salah satu alasan kedatangan RektorRoyal Academy of Cambodia (RAC), H.E. Dr. Khlot Thyda ke UMM, Jumat (6/1).

Lawatannya ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara UMM dan RAC. Beberapa poin MoU di antaranya program pertukaranstaf, dosen dan mahasiswa untuk studi banding, mengajar maupun penelitian. Selain itu, para sarjana dan peneliti dari kedua universitas dapat saling mengunjungi untuk kebutuhan pelatihan jangka pendek dan panjang.

Khlot Thyda mengatakan, pihaknya juga menyediakan pelatihan bahasa Khmer (bahasa nasional Kamboja) bagi staf UMM. Begitu juga sebaliknya, pihak RAC juga berkesempatan untuk belajar bahasa Indonesia. Tak kalah penting, RAC juga bakal mengirim 5 mahasiswa yang memperoleh beasiswa untuk menempuh studi di UMM. Serta kerjasama strategis lainnya berupa pertukaran informasi dan publikasi. 

Pada kesempatan ini, Khlot Thyda juga menyampaikan penghargaannya terhadap Indonesia atas keberhasilannya menangkal dampak negatif modernisme. Apresiasi tersebut disampaikannya saat didaulat mengisi kuliah tamu di hadapan sejumlah mahasiswa Program Pasca Sarjana (PPS) dan dosen UMM.  

Menurut Khlot, di tengah gencarnya modernisasi global, Indonesia tetap bisa mempertahankan budaya aslinya. “Kamboja perlu belajar kepada Indonesia dalam hal menjaga kebudayaannya,” kata perempuan yang telah berusia lebih dari 60 tahun tersebut.

Selain keberhasilan Indonesia menangkal dampak buruk modernisasi, Khlot juga mengakui  keunggulan Indonesia pada aspek kualitas kepemimpinannya. “Pengalaman Indonesia jadi guru untuk Kamboja,” ungkapnya.

Rektor UMM, Fauzan berharap, kerjasama yang dibangun dalam bidang akademik ini dapat berjalan dengan nyata dan memberi manfaat bagi kedua belah pihak. (Humas UMM)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image