Raih ISO 9001:2008, DPPM UMM Siap Go Internasional

Author : Humas | Rabu, 04 Februari 2015 16:03 WIB
Berita UMM
 

DIREKTORAT Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) kembali memperoleh pengakuan publik. Kali ini lembaga pemberi sertifikat standar mutu internasional, Nuclear Quality Assuranse (NQA) resmi menyatakan DPPM UMM meraih standar ISO 9001:2008. Direktur DPPM UMM, Prof Dr Ir Sujono, Mkes, membenarkan capaian lembaga yang dipimpinnya itu, hari ini (4/2).

            “Dengan ISO ini kita semakin yakin dan optimis bisa lebih cepat go international, dengan menggandeng lebih banyak lagi mitra lembaga riset maupun industri dari berbagai negara,” ujar Sujono.

            Sertifikat ISO bagi DPPM merupakan pengakuan prestisius yang ketiga setelah sebelumnya juga memperoleh dua kali Akreditasi dari Kemenristek melalui Komite Nasional Akreditasi Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) serta masuk dalam cluster Mandiri dengan Tiga Bintang Emas dari Dirjen Dikti.

            Wakil Direktur DPPM, Dr Vina Salviana DS, mengatakan tidak banyak universitas yang sampai pada akreditasi KNAPPP maupun masuk Cluster Mandiri sekaligus. Hanya kampus-kampus negeri yang besar yang bisa meraihnya. “Ini artinya UMM sangat diperhitungkan dalam tata kelola penelitian dan pengabdian di seluruh Indonesia,” kata Vina.

            Lebih lanjut dijelaskan, diraihnya ISO tak lepas dari proses standarisasi yang cukup rumit. Dengan demikian DPPM UMM diakui sebagai lembaga yang sehat dan telah memperoleh kepercayaan mitra kerjasama di dalam maupun luar negeri. “Artinya produk yang dihasilkan DPPM yaitu jasa layanan melalui aneka prosedur sudah terstandar internasional, semua proses dan pendokumentasian sudah terjamin mutunya,” tambah Vina yang berharap standar internasional DPPM akan mendukung akreditasi internasional universitas.

DPPM merupakan unit ke-4 di UMM yang meraih sertifikat ISO 9001:2008. Sebelumnya, tiga biro telah tersertifikasi, yakni Biro Keuangan, Biro Administrasi Umum dan Biro Kemahasiswaan. (nas)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image