PSLK dan Prodi Biologi UMM Ungkap Perspektif Multidisipliner Ilmu Biologi

Author : Humas | Kamis, 04 Mei 2017 11:46 WIB

ILMU biologi tidak melulu membahas tentang tanaman dan tumbuhan saja. Biologi dapat ditinjau dan memiliki keterkaitan dengan disiplin ilmu lainnya jika dilihat lebih luas. Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Abdulkadir Rahardjanto MPd mencontohkan, jika membahas tanaman, ranahnya bisa diperluas karena memiliki keterhubungan dengan matematika, teknik dan ilmu lainnya.

“Mahasiswa dan dosen bahkan guru perlu mengetahui keterhubungan antara biologi dan disiplin ilmu lainnya ini,” jelas Abdulkadir pada seminar nasional biologi perspektifnya multidisipliner yang diadakan atas kerjasama antara Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) UMM dengan Prodi Pendidikan Biologi UMM (29/4).

Seminar nasional ini merupakan seminar ketiga bagi prodi Pendidikan Biologi ini. Konsistensi prodi Pendidikan Biologi mengadakan seminar merupakan salah satu cara dalam meneguhkan ranah akademik. Dengan meneguhkan ranah akademik, maka secara tidak langsung prodi Pendidikan Biologi berusaha memunculkan literasi di displin ilmu ini. 

Dengan mengangkat tema “Pendidikan Biologi 2017, Peran dan Pembelajarannya dalam Mewujudkan Masyarakat Berliterasi”, prodi Pendidikan biologi ingin menyampaikan bahwa dengan literasi dapat membuka pikiran lebih luas. “Literasi mengajarkan bahwa pengetahuan tidak hanya sebatas pikir saja, tapi pengetahuan juga meliputi langkah-langkah konkrit lainnya yang berhubungan,” ujarnya. 

Dr. Ninik Kristiani, MM selaku Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Direktorat Pembinaan SMA Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menyatakan dalam sambutannya bahwa literasi itu tidak hanya membaca saja. Lebih luas lagi, literasi juga berarti menulis, literasi juga mendengarkan dan literasi juga melakukan. “Kesemuanya bagian dari kegiatan berliterasi,” jelasnya dihadapan 400 peserta seminar dari seluruh Indonesia. 

Selain Dr. Ninik Kristiani, MM, hadir juga sebagai pembicara kunci Prof. Dr. Nuryani Rustaman, M. Pd selaku pakar literasi sains dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. Agr. Moh. Amin, M. Si, Dr. Poncojari Wahyuni, M. Kes sebagai pakar sains biologi FKIP UMM dan Dr. Yuni Pantiwati, MM. M. Pd sebagai pakar assement literasi FKIP UMM. (jal/han)

Shared: