Psikologi UMM Tuan Rumah The 5th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP)

Author : Humas | Sabtu, 20 Oktober 2018 10:57 WIB
Dekan Fakultas Psikologi UMM, Muhammad Salis Yuniardi, S.Psi, M.Psi, PhD memberikan sambutan pada pembukaan The First Annual Conference of Apllied Islamic Psychology, The Fifth Inter-Islamic University Conference on Psychology. (Foto: Mirza/Humas UMM)

The 1st Annual Conference of Applied Islamic Psychology dan The 5th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) secara bersamaan. Kali ini Fakultas Psikologi, UMM menjadi tuan rumah  gelaran konferensi bagi universitas yang tergabung dengan Asosiasi Psikologi Islam (API) itu. Konferensi digelar dimulai hari ini, Sabtu hingga Minggu (20-21 Oktober 2018).

Adhyatman Prabowo, M.Psi., Psikolog, dosen psikologi UMM sekaligus ketua pelaksana konferensi ini mengungkapkan bahwa ini kali pertamanya Fakultas Psikologi menjadi tuan rumah IIUCP setelah 5 tahun konferensi ini digelar. “UMM sendiri kan termasuk dari anggota Asosiasi Psikologi Islam, kali ini UMM dapat giliran mengadakan konferensinya,” ujarnya.

“Tujuan utama adanya IIUCP ini sendiri adalah untuk mempererat jaringan universitas Islam di Indonesia yang pada prinsipnya mengkombinasikan psikologi dengan perspektif Islam. Dengan adanya konferensi ini diharapkan ilmu Psikologi dapat sejalan dengan perspektif Islam dalam penerapannya,”

Konferensi ini dihadiri Univeristas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Bandung, Univeritas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Ahmad Dahlan, serta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Konferensi dengan tema “Psikologi Islam Menjawab Tantangan Peradaban Modern” ini digelar dengan rangkaian acara seminar yang diisi pembicara utama Hanan Dover, Psikolog Klinis dan Forensik asal Sydney. Hanan, merupakan Wakil Presiden Asosiasi Internasional Psikolog Muslim.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kegiatan presentasi paper oleh peserta yang telah mengirimkan proposal penelitiannya saat pendaftaran konferensi. Kemudian, rangkaian acara untuk esok harinya (21/10) yakni workshop yang diisi oleh 3 pemateri dengan menggabungan perspektif Psikologi dan Islam.

Acara dibuka dengan sambutan oleh wakil rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si dan dekan Fakultas Psikologi, M. Salis Yuniardi, M.Osi., PhD., Psikolog, kemudian penyerahan penghargaan API untuk  Prof. Dr. Abdul Mujib dan Alm. Dr. Yadi Purwanto, Psikolog,  sebagai pendiri API dan orang berpengaruh dalam perkembangan Psikologi Islam. (irm/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image