Prodi Peternakan UMM Ajarkan Teknik Pakan Biogas ke Siswa Kejuruan Se Malang Raya

Author : Humas | Senin, 23 Desember 2019 11:03 WIB
Seluruh siswa SMK fokus mendengarkan pemateri. (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (FPP-UMM) mengadakan Pelatihan Tematik Teknologi Pakan Ternak Berbasis Biofarm untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Malang dan Batu. Pelatihan yang mengajarkan teknik penghijauan Silase ini digelar di Laboraorium Peternakan (21/12).

Mengundang Ali Mahmud, S.Pt, M.Pt sebagai pemateri sekaligus Direktur Utama CV. Dwi Tunggal Mandiri yang mengenalkan Silase sebagai salah satu  pkan ternak berkualitas dengan teknik fermentasi penghijauan. Keunggulan teknik ini dapat menghasilkan pakan ternak dengan kadar air hingga lebih dari 70%.

“Di Indonesia, olahan pakan ternak masih bergantung pada impor luar negeri. Karena keterbatasan teknologi yang dipakai. Dengan menggunakan teknik silase, bahan untuk pakan dapat mudah sekali dicari, seperti rumput gajah (pennisetum Purpureum), rumput kalonjono (Panicum Mulicum) dan tanaman jagung (Zea Mays),” jelas Ali.

Baca juga: Mahasiswa UMM Pamerkan Ratusan Karya Inovasi Bisnis Berbasis Teknologi

Terdapat tiga kelompok atau komponen bahan, yakni klompok bahan pakan hijauan yang menjadi bahan utama, bahan pakan konsentrat dan bahan pakan aditif. “Selain rerumputan sebagai bahan pakan hijauan, terdapat sisa-sisa limbah dari jerami, ampas tapioka sebagai bahan pakan konsentrat, juga butuh nutrisi mineral dari campuran urea dan mineral sebagai bahan pakan aditif,” tambah Ali.

Dengan permasalahan iklim di Indonesia yang tidak menentu, menjadi ketakutan para peternak, khususnya dalam hal pakan yang menggunakan pakan hijau. Metode fermentasi silase menjadi pilihan yang tepat karena hasil fermentasi dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa dikhawatirkan nutrisi pakan ternak akan menurun kadarnya.

Kegiatan yang diikuti oleh SMK Muhamadiyah 1 Batu, SMKN 1 Pujon dan Sekolah Pertanian Wiyata Bakti ini nantinya akan dilanjutkan dengan praktek ke Laboratrium Terpadu UMM. Mereka diajarkan seputar pembuatan pakan ternak silase dengan dicobakan langsung kepada hewan ternak, seperti sapi perah, ayam, domba, dan lainnya. (yas/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image