Prodi Biologi Siapkan Lulusan Standar Internasional

Author : Humas | Jum'at, 20 Maret 2015 12:37 WIB
SARANA LENGKAP: Mahasiswa Biologi UMM didukung sarana prasarana lengkap untuk mengembangkan kompetensi mereka.

PENDIDIKAN tinggi di Indonesia harus mempersiapkan lulusannya setara kualifikasi kompetensi dan standar kerja internasional. Hal itulah yang diangkat dari Simposium Nasional Prodi Pendidikan Biologi yang diikuti perwakilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia. Kegiatan yang berlangsung di UMM hari ini, Jumat (19/3) akan dirangkai dengan Seminar Nasional Pendidikan Biologi sehari setelahnya, Sabtu (20/3).

      Kegiatan simposium ini, menurut Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM Dr Poncojari Wahyono MKes, dimaksudkan untuk menguatkan institusi Prodi Biologi berbasis Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). “SNPT merupakan kurikulum di tingkat Pendidikan Tinggi yang didasarkan atas Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),” terang Ponco.

      Dengan kurikulum ini, lanjut Ponco, maka substansi dan metode perkuliahan tidak lagi didasarkan atas persepsi  pribadi dosen, namun disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang akan dibentuk berdasarkan kualifikasi profesi yang berlaku secara nasional.

      Hal itu juga diakui Tim Kurikulum Direktorat Belmawa Dikti, Prof Dr Ir Hendrawan Soetanto MRurSc. Menurutnya, penggunaan KBKI-KKNI merupakan pilihan yang sangat tepat untuk saat ini. “Ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia,” kata Hendrawan.

      Simposium ini, tambah ketua panitia Drs Atok Miftachul Hudha MPd, membahas tuntas filosofi, prosedur dan tahapan dalam penyusunan kurikulum KBK-KKNI, termasuk praktek penyusunan dokumen struktur kurikulum dalam matriks hingga penentuan beban SKS.  

      Sementara itu, seminar mengangkat tema “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”. Seminar menghadirkan para pakar biologi dan pendidikan biologi, di antaranya Prof Sutiman Bambang Sumitro MSc DSc, Prof Dr Muslimin Ibrahim MPd, Dr Yuni Pantiwati MM MPd, dan Dr Abdulkadir Rahardhanto MSi. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image