Prodi Akuakultur UMM Gelar Pelatihan Teknik Perikanan

Author : Humas | Sabtu, 07 Desember 2019 08:09 WIB

Sektor perikanan merupakan kekayaan sumberdaya alam yang penting di indonesia. Tentu saja sektor ini dapat berimbas pada ketahanan pangan Indonesia. Namun fenomena yang terjadi saat ini, kurangnya minat generasi muda terjun dalam dunia perikanan menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Kekhawatiran terhadap generasi muda tersebut, membuat program studi (Prodi) Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat pelatihan bertajuk "Fisheries Training for Youth Aquaqulturist 2019" di Fish Edupark UMM (7/12).

Dengan 54 peserta dari SMA/SMK sederajat di berbagai daerah Jawa Timur, harapannya generasi muda saat ini dapat mengerti mengenai teknik-teknik aquakultur. "Peran pemuda dalam perikanan diharapkan dapat menciptakan konsep-konsep baru untuk dimasa mendatang," sebut Soni Andriawan S.Pi, M.P, M.Sc, yang merupakan Ketua Pelaksana dalam kegiatan tersebut.

Terdapat 4 materi yang disampaikan, yaitu Aquaponic atau integrasi budidaya ikan dan tanaman, cara pembenihan ikan yang baik, Genogenesis atau teknik menghasilkan anakan ikan betina semua dan Sex Reversal atau teknik merubah jenis kelamin ikan. Keempat materi tersebut disampaikan oleh dosen-dosen akuakultur, yaitu Ganjar Adhy Wirawan, SPi. MP., Riza Rahman Hakim, SPi. MSi., Anis Zubaidah, SPi. MSi., dan Dony Prasetyo, SPi. MSi.

"Setiap materi akan diberikan materi dan juga praktek di akhirnya. Sehingga peserta dapat belajar langsung dengan teknologi-teknologi yang ada di fishedupark. Jadi transfer ilmunya dilakukan dengan menyenangkan, yaitu belajar sambil rekreasi," sebut Soni.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajak untuk mengetahui bagaimana cara budidaya ikan lele, mulai dari pengenalan jenis ikan lele, pembenihan, pemijahan, perawatan, pemanenan, hingga pengemasan benih. Dalam materi sex reversal dan genogenesis, peserta dpaat mempelajari seksualitas hingga pemberian hormon pada ikan cupang. (bel/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image