Pojok BEI UMM Lahirkan Pekerja di Pasar Modal

Author : Humas | Jum'at, 27 Maret 2015 16:19 WIB
LAYANI PELANGGAN: Petugas Pojok BEI UMM saat melayani pelanggan di kantor Pojok BEI yang terletak di GKB II UMM Lantai IV, Kamis (26/3).
 

KEHADIRAN Bursa Efek Indonesia (BEI) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdampak positif terhadap peningkatan prestasi mahasiswa. Sejak didirikan pada 2004 lalu, Pojok BEI yang dulunya bernama Pojok Bursa Efek Jakarta (BEJ) ini meraih lebih dari 15 penghargaan dan prestasi.

      Yang terbaru, Pojok BEI UMM meraih penghargaan sebagai nominator Galeri Investasi BEI Teraktif Berdasarkan Pengembangan dan Inovasi pada November 2014 oleh Direktur Utama BEI, Ito Warsito. Sebelumnya, pada 2011, BEI UMM bahkan menjadi Kantor Pojok BEI terbaik kategori Inovasi dan Pengembangan dari 68 Pojok BEI se-Indonesia.

      Hal tersebut diamini Kepala Pojok BEI UMM Dra Sudarti MSi. Capaian ini diraih karena inovasi yang dilakukan terus menerus oleh Pojok BEI UMM. “Kami terus berinovasi dengan menambah literatur-literatur mengenai pasar modal, pelatihan dan monitoring pasar modal, dan layanan-layanan lainnya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa maupun dosen,” tuturnya.

      Sejak kehadiran Pojok BEI ini, tambahnya, mahasiswa dapat memahami bagaimana melakukan transaksi saham, bahkan langsung mempraktikkannya. “Ini merupakan hasil dari pendidikan maupun praktik melalui Pojok BEI,” kata Sudarti.

      Pada 2012, mahasiswa UMM juga meraih peringkat lima besar dalam IDX Game Competition dari 112 tim di 42 perguruan tinggi. Beberapa alumninya pun bahkan ada yang sudah bekerja di pasar modal sebagai investor maupun broker.

      Pojok BEI tidak hanya melayani laporan-laporan dari pasar modal saja, namun juga melayani transaksi jual-beli saham secara real time oleh mahasiswa. Dengan bekerjasama dengan perusahaan sekuritas di Malang, mahasiswa dapat mulai berinvestasi dengan nilai investasi awal yang terjangkau. “Cukup 250 ribu rupiah saja sudah bisa mulai berinvestasi,” ungkap Sudarti.

      Keberhasilan Pojok BEI UMM ini juga diukur dari beberapa faktor, seperti munculnya investor-investor baru dari kalangan mahasiswa UMM, semakin banyak alumni yang berkarir di bidang pasar modal, meningkatnya minat penelitian bertema pasar modal, serta permintaan pelatihan untuk internal maupun eksternal UMM. “Juga menjuarai lomba-lomba simulasi pasar modal nasional,” tambahnya.

      Mahasiswa maupun dosen dapat mengunjungi Pojok BEI UMM di Gedung Kuliah Bersama (GKB) II Lantai IV. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image