Pendidikan Jadi Kunci Utama Muhammadiyah dalam Percaturan Bangsa

Author : Humas | Jum'at, 08 Februari 2019 15:16 WIB
Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. (memegang microphone). (Foto: Rino/Humas)
WAKIL Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. berkesempatan menyampaikan materi dengan tema “Muhammadiyah dan Penguatan Peran Wasatiyyah dalam Membangun Peradaban Bangsa”. Materi ini disampaikan dalam gelaran Sarasehan Kebangsaan Pra Tanwir, Kamis (7/1). 
 
Nazaruddin menjadi salah satu pembicara dalam perhelatan menjelang Tanwir Muhammadiyah ke-51 di Bengkulu 15-17 Februari 2019 mendatang. Hadir di antaranya Dr. Haedar Nashir, M. Si selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
 
Disebut Nazaruddin, sebagai gerakan sosial-keagamaan Muhammadiyah memiliki peran fungsional melalui berbagai amal usahanya. Separuh di antaranya ada di bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang hukum dan teknologi. “Inilah kunci peran Muhammadiyah dalam kancah percaturan bangsa Indonesia ke depan,” katanya.
 
Terkhusus posisi strategis pendidikan, sambung Nazaruddin, yang terus-menerus harus di eksplorasi Muhammadiyah. “Jika Muhammadiyah ingin memainkan peran penting, maka pendidikan adalah sarana strategis untuk membangun kekuatan. Yakni kekuatan sebagai simbol-simbol ekonomi modern di masyarakat,” ungkapnya.
 
Nazaruddin melanjutkan, ekspansi pada bidang-bidang yang dianggap lebih berorientasi profit ternyata banyak menuai manfaatnya untuk pendidikan. Terutama ketika disinergikan menjadi lahan pembelajaran yang konkret. Pengelolaan amal usaha di bidang ini perlu perhatian yang serius dari seluruh warga Muhammadiyah.
 
“Mestinya agenda utama Tanwir adalah mendiskusikan how to find the best practice manage our institute atau mengelola institusi potensial dalam organisasi otonom dan amal usaha Muhammadiyah. Sehingga menjadi simpul-simpul kekuatan baru yang menggerakkan, memberi darah baru, kesegaran, dan harapan,” pungkasnya. (hel/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image