Pameran Tanpa Batas Tandai 25 Tahun Jufoc

Author : Humas | Selasa, 03 Maret 2015 14:30 WIB
Seorang pengunjung melihat foto karya pewarta foto dari Tempo dan juga Alumni IKOM UMM, Amston Probel  dalam pameran Foto Jurnalistik - Perjalanan Tanpa Batas di Helypad UMM.

MENANDAI ulang tahunnya yang ke-25, Lembaga Semi Otonom (LSO) Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (FISIP UMM) mengadakan pameran fotografi bertajuk Pameran Tanpa Batas (Patas). Patas menampilkan karya-karya fotografi sejak angkatan pertama, yaitu pada 1989 hingga angkatan 2014.

      Pameran juga menghadirkan foto-foto hasil karya anggota Jufoc yang menembus Top 100 Time, yaitu nominasi foto-foto terbaik versi Majalah Time, demikian pula beberapa foto yang menjuarai berbagai kompetisi lainnya. Acara ini digelar mulai Senin hingga Rabu (2-4/3) mendatang di Heliped UMM.  

      Ketua Umum Jufoc Roizul Rizal mengungkapkan, pameran ini tidak hanya menampilkan karya dari kamera Digital single-lens reflex (DSLR), namun juga ada yang diambil menggunakan kamera ponsel. “Di pameran ini ada 46 karya foto tunggal dari 25 pengkarya dan 22 karya foto cerita dari 16 pengkarya,” kata Rizal.

      Sementara itu Pembina Jufoc UMM Rahadi MSi dalam sambutannya menuturkan, usia yang dicapai Jufoc saat ini adalah usia yang sangat matang. Ia pun berharap, LSO ini bisa terus eksis di dunia fotografi Indonesia. “Semoga karya-karya fotografi kalian tidak hanya membawa nama Jufoc di level nasional, namun juga sampai internasional,” ujarnya.

      Hal senada juga disampaikan Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UMM, Sugeng Winarno MA. Dari karya-karya fotografi yang dipamerkan, banyak hal yang bisa dipelajari dari sebuah foto. “Kita bisa belajar banyak dari pameran ini, ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dari foto-foto yang ditampilkan,” kata Sugeng.

     

Pengunjung Patas ini pun tak hanya dari UMM saja, salah satunya M Taufiq Akbar. Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Prisma Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini bahkan memboyong sembilan anggotanya yang lain untuk menghadiri pameran ini.

      “Sudah tradisi bagi komunitas fotografi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengunjungi acara-acara yang diadakan oleh sesama komunitas fotografi,” kata Taufiq. 

      Ia pun mengapresiasi pameran yang diadakan oleh Jufoc UMM di tahun peraknya ini. “Foto-fotonya bagus banget. Selamat buat Jufoc,” tukasnya. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image