Outing Class Energi Alternatif UMM Dukung Pembelajaran Tematik

Author : Administrator | Rabu, 13 September 2017 12:07 WIB

Berita UMM

Salah satu kegiatan outing class di Laboratorium Terpadu UMM.

ENERGI alternatif yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi daya tarik bagi banyak pihak, termasuk bagi siswa sekolah dasar (SD) untuk mengembangkan pembelajaran tematik terpadu pada kurikulum 2013. Hal itu pula yang melatari SD Muhammadiyah 9 Malang berkunjung ke UMM, Rabu (13/9).

Beberapa area yang dikunjungi para siswa tersebut di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH), Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspa-IPTEK), Laboratorium Terpadu Fakultas Pertanian dan Peternakan, dan Panel Surya. Kegiatan ini dikemas dalam outing class berbasis edukasi energi alternatif.

Menurut guru pendamping kelas SD Muhammadiyah 9, Novita Dwi Lestari, kunjungan ke UMM ditujukan untuk memberikan pengalaman pada para siswa tentang kekayaan sumber energi yang ada di sekitar mereka. “UMM memiliki banyak tempat edukasi pemanfaatan energi alternatif, itulah mengapa kami mengunjungi kampus ini,” ungkapnya.

Pada setiap kunjungan ke tempat-tempat tersebut, siswa mendapatkan penjelasan tentang fungsi, manfaat, dan cara kerja energi alternatif tersebut. Antusiasme para siswa nampak dari banyak pertanyaan yang diajukan di setiap unit energi alternatif UMM.

Sementara itu Kepala Laboratorium Terpadu UMM Rahmad Pulung Sudibyo mengatakan, program seperti ini akan terus diupayakan, sebagai bagian dari pengabdian UMM terhadap kalangan pendidikan. Di Laboratorium Terpadu, siswa diajak untuk mecoba menyalakan api yang berbahan bakar biogas sebagai salah satu energi alternatif milik UMM. (nis/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image