Orangtua Wali Tertarik Beasiswa Bagi Mahasiswa UMM

Author : Humas | Senin, 01 Juni 2015 15:58 WIB

SILATURAHIM Pimpinan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan orangtua/wali mahasiswa baru (maba) gelombang pertama tahun ajaran 2015/2016 yang berlangsung pada Ahad (31/5) diikuti lebih dari dua ribu orangtua/wali beserta mahasiswanya. Kegiatan yang berlangsung di hall UMM Dome ini dihiasi sejumlah pertanyaan dari orangtua, khususnya terkait beasiswa.

      "Anak saya masuk di UMM karena tertarik dengan beasiswa yang ditawarkan. Saya minta arahan bapak Rektor bagaimana untuk mendapakan beasiswa-beasiswa tersebut," tanya salah satu orangtua saat sesi diskusi. Rektor UMM Prof Dr Muhadjir Effendy MAP menjawab langsung pertanyaan yang disampaikan. Menurutnya, kunci mendapatkan beasiswa adalah kerja keras.

      "Kalau mau dapat beasiswa ya kerja keras, berprestasi, dan yang terpenting juga perilaku yang baik," jawab Rektor. Beberapa beasiswa seperti beasiswa saudara kandung, beasiswa alumni, juga jalur undangan adalah salahsatu bentuk beasiswa. "Di UMM, mahasiswa yang tulisannya masuk di koran juga mendapatkan reward tersendiri. "Tiada prestasi yang tidak dihargai, tiada pelanggaran yang tidak disanksi," tambahnya.

      Sebelum rektor memberi arahan, terlebih dulu Pembantu Rektor III Dr Diah Karmiyati Psi membacakan kesepuluh maba yang memperoleh nilai tes tertinggi. Mereka diantaranya peringkat pertama diraih oleh Ananda Ari W dari Fakultas Kedokteran, peringkat kedua diraih Ramadhan Pujo Priono dari Fakultas Psikologi, dan peringkat ketiga diraih Aldo Putra dari Fakultas Teknik. "Kesepuluh mahasiswa dengan nilai tertinggi ini masing-masing berhak mendapatkan beasiswa sebesar 500 ribu perbulan yang akan dibayarkan pertiga bulan sekali mulai September mendatang," kata Diah.

      "Belum masuk UMM saja sudah diberi beasiswa. Apalagi jika sudah masuk dan berprestasi, maka beasiswa tersebut bertebaran dimana-mana," tandas rektor.  Silaturahmi antara pimpinan UMM dengan orangtua/wali menurut rektor adalah bentuk penghargaan dari keberhasilan peserta tes yang berhasil masuk ke UMM. Selain itu, silaturahmi ini dianggap sebagai orangtua mengantarkan anaknya kepada UMM. "Jangan sampai ada orangtua tidak tahu dimana anaknya kuliah. Disini juga jadi ajang bagi orangtua untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang UMM," katanya.

      Dari sekitar sembilan ribu calon mahasiswa baru yang mendaftar pada gelombang pertama, ada 3056 mahasiswa yang diterima, dan 2016 yang memutuskan untuk daftar ulang. "Bagi mereka yang tidak daftar ulang, jika mereka ingin masuk kembali ke UMM maka mereka harus mengikuti tes tulis kembali di gelombang kedua atau ketiga," ungkap Kepala Humas UMM Nasrullah MSi. Pendaftaran tes tulis gelombang kedua dibuka sejak 15 Mei hingga 8 Agustus. Pelaksanaan tes tulis akan dilakukan pada 10 Agustus. Sedangkan untuk gelombang ketiga akan dibuka mulai 14 hingga 29 Agustus mendatang. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image