Muhammad Muqoddas: Bekerja di UMM itu Jihad

Author : Humas | Selasa, 20 Januari 2015 14:27 WIB
MENAMBAH WAWASAN: Seluruh dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Malang mengikuti pengajian umum bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang Muhammadiyah sekaligus memantapkan pengabdian serta ibadah di amal usaha Muhammadiyah di Aula BAU. 

MENYADARI pentingnya pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Islam dan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan pengajian bagi seluruh dosen dan karyawan yang disampaikan oleh ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Drs H Muhammad Muqoddas Lc MA. Pengajian berlangsung di Aula BAU UMM, Senin (19/1).

      Rektor UMM Prof Dr Muhadjir Effendy MAP mengatakan, pengajian diadakan untuk meningkatkan wawasan tentang Muhammadiyah sekaligus memantapkan pengabdian serta ibadah di amal usaha Muhammadiyah. Sebagai amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, UMM diyakini sebagai salah satu ladang ibadah.

      Hal itu ditegaskan pula oleh Muqoddas, bahwa bekerja di amal usaha Muhammadiyah merupakan salah satu bentuk ibadah, bahkan disebutnya sebagai jihad. “Jihad itu tidak harus perang. Bekerja di UMM dengan bersungguh-sungguh karena Allah juga disebut jihad,” tegasnya.

      Membesarkan Muhammadiyah disebutnya ibadah lantaran hal itu selaras dengan cita-cita organisasi ini, yaitu menjalankan agama Islam dengan sebaik-baiknya. Karena itu, Muqoddas meminta seluruh dosen dan karyawan UMM, yang juga menjadi bagian dari keluarga besar Muhammadiyah agar memenuhi tujuan universitas.

      Selama pengajian, Muqoddas banyak memaparkan tentang pokok-pokok pikiran dan prinsip yang terkandung dalam Muqoddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah. Pokok-pokok pikiran yang dimaksud yaitu, hidup berdasar tauhid, hakekat hidup bermasyarakat, bersandar pada hukum Allah, menjunjung tinggi ajaran Islam, mengikuti jejak para Nabi, organisasi sebagai alat perjuangan, serta perwujudan masyarakat yang adil dan makmur. (ger/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image