Mobil KaCa UMM Kembalikan Bahagia Korban Banjir Madiun

Author : Administrator | Jum'at, 15 Maret 2019 11:09 WIB
Kepala Humas dan Protokoler UMM memberikan bantuan secara simbolis kepada para korban banjir. (Foto: Ridho/Humas)

BENCANA banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Madiun, Jawa Timur menjadi perhatian khusus Mobil Kamis Membaca (KaCa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (14/3). Mobil berkonsep literasi ini membagi kebahagiaannya, terkhusus kepada anak-anak dengan memperkenalkan permainan tradisional juga pembelajaran bahasa Inggris untuk anak atau English for Young Learners (EYL).

Beberapa wilayah yang disambangi di antaranya di Kecamatan Saradan, yakni Desa Sugihwaras dan Desa Klumutan. Sementara di Kecamatan Caruban yakni Desa Glonggong dan Warurejo. Di Klumutan, desa yang paling dekat dengan kota kecamatan ini, meski sering terdampak kala hujan, banjir kali ini menjadi yang terparah. Mobil KaCa pun menjadikannya salah satu titik disalurkannya bantuan. 

Tak sendiri, Tim Mobil KaCa berkolaborasi dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Caruban. Selain berbagi kebahagiaan melalui permainan dan pembelajaran EYL, Mobil KaCa juga memberi bantuan berupa alat tulis dan perlengkapan sekolah yang disebar ke sekolah-sekolah terdampak banjir.

Baca juga: UMM Raih Most Popular Design di Ajang NTU Bridge Design Competition 2019

Kepala Humas dan Protokoler UMM Dr. Joko Susilo, S.Sos. M.Si juga turut melakukan turun lapang dengan membuat kuis sederhana. Ia melontarkan sejumlah pertanyaan sederhana seputar pelajaran sekolah dasar lantas membagikan sejumlah hadiah. Disebutnya, Mobil KaCa UMM ini selain memiliki misi mencerdaskan melalui gerakan literasi, tapi juga mengemban misi kemanusiaan.

Dilanjutkan Joko, kehadiran Mobil KaCa di tengah masyarakat, sebagai wujud pengabdian UMM pada masyarakat. Utamanya penegasan tagline UMM, “Dari Muhammadiyah untuk Bangsa”. “Selain menebar semangat literasi, Mobil KaCa UMM juga mengemban misi kemanusiaan yang diwujudkan dengan menyambangi berbagai wilayah khusus,  seperti yang kami lakukan sekarang,” katanya.

Lili Wahyuningsih, Kepala SDN Warurejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun menghaturkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada para siswa sekolahnya. “Terimakasih kepada UMM yang telah meringankan orangtua dengan berbagai bantuan, baik berupa alat tulis dan perlengkapan sekolah yang kami terima, khususnya kelas enam yang sebentar lagi beranjak SMP,” ungkapnya. (fhi/zak/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


1