Mobil KaCa UMM di PSPA Bima Sakti: Adakan Outbond, Kelas Jurnalistik sampai Fotografi

Author : Humas | Jum'at, 12 Juli 2019 13:30 WIB
Para siswa sedang asyik membaca di Mobil KaCa (Foto: Ridlo/Humas)
Wajah sumringah nampak hadir di wajah mungil anak-anak Panti Sosial Petirahan Anak Bima Sakti, Kota Batu, Kamis (12/7) pagi. Pasalnya, Mobil Kamis Membaca (KaCA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hadir dengan mengadakan beragam kegiatan untuk menggembirakan mereka. Seperti diselengarakannya kelas Fotografi, Jurnalistik, membaca bersama, juga kegiatan luar ruangan seperti Outbond.  
 
Pada kelas Fotografi misalnya, selain mendapat materi seputar dasar-dasar Fotografi, para siswa juga diajak untuk praktik langsung menangkap objek gambar. Materi disampaikan M. Zaky Agung yang merupakan fotografer Humas dan Protokoler UMM ini. “Mereka antusias saat diberi kesempatan memegang kamera. Ada yang memotret kawan mereka sendiri, ada juga memotret objek menarik di sekitarnya,” cerita Zaky. 
Baca juga: Saat Mahasiswa Asing Juga Ikut KKN
Keseruannya tak sampai di situ. Selain kelas fotografi, adapula kegiatan belajar lain seperti materi jurnalistik yang disampaikan mahasiswa peminatan Jurnalistik Program Studi Ilmu Komunikasi UMM, Yasmin Azatil Isma. Selain itu, kegiatan outbond yang dipandu master of training Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) UMM, Luthfi Badhilah menyempurnakan kegembiran mereka hari itu.
 
PSPA Bima Sakti sendiri merupakan Panti Sosial yang berada di naungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Panti yang dikhususkan untuk para siswa di SD seluruh Jawa Timur yang punya sedikit masalah Psikososial seperti suka jail, pemurung, kurang percaya diri, prestasi menurun dan lainnya. Setiap bulannya PSPA Bima Sakti Selalu menerima ratusan siswa dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur.
Baca juga: BIPA UMM Latih Mahasiswa Asing Jadi Duta Budaya dan Bahasa Indonesia
Muhammad Laziq Fahri Al-Fayat salah satu siswa asal Bondowoso menyampaikan dirinya sangat senang berada di PSPA ini, terlebih dengan hadirnya tim Mobil KaCa UMM. Lantaran mereka mendapat pengalaman baru yang tidak ditemuinya di sekolah asal. “Banyak temannya, banyak pengalamannya. Tapi kadang saya juga kangen dengan teman sekolah dan juga orang tua saya,” tuturnya dengan polos.
Pemateri mengajari peserta bagaimana cara mengambil gambar (Foto: Ridlo/Humas)
 
Endang Kastuti, Pekerja Sosial di PPSA Batu menambahkan pihaknya secara khusus membantu menangani anak-anak yang mengalami berbagai permasalahan. Selain itu, secara kasuistik dibimbing satu persatu. "Biasanya, kita beri mereka latihan sikap kemandirian melalui kegiatan-kegiatan bersama. Kehadiran Mobil KaCa UMM memberi warna berbeda pada kegiatan yang sudah rutin," urainya usai kegiatan.
 
Kehadiran Mobil KaCa UMM juga menyedot perhatian tersendiri anak-anak PSPA Bima Sakti. Koleksi lengkap mulai dari ensiklopedia, komik, novel hingga buku pelajaran dan pengetahuan umum juga tersedia. Anak-anak begitu antusias membaca dan saling membagikan pengetahuan terbarunya kepada kawannya. Ke depan, Mobil KaCa akan berkeliling ke tempat khusus lainnya, seperti panti serta daerah pinggiran. (zak/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image