Mahasiswa UMM Siap Dampingi Relawan Peace Corps

Author : Humas | Senin, 16 Maret 2015 09:53 WIB
TAHUN LALU: Para relawan Peace Corps berfoto bersama selepas pengukuhan oleh Dubes AS Robert Blake di UMM Dome tahun lalu. Sebanyak 65 calon relawan tahun ini akan datang ke UMM 19 Maret mendatang.

UNTUK keenam kalinya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dipercaya mendampingi calon relawan Peace Corps asal Amerika sebagai host Pre-Sevice Training (PST). PST merupakan pelatihan bahasa dan budaya selama 10 pekan bagi calon relawan sebelum nantinya benar-benar dikukuhkan sebagai relawan.

      Jauh sebelum kedatangan para calon relawan pada 19 Maret mendatang, UMM telah menyiapkan para pendamping bagi 65 calon relawan tersebut. “Seleksi bagi para pendamping bahkan sudah dilakukan sejak awal Januari lalu,” terang staf International Relation Office (IRO) UMM Teguh Sriwiyono.

      Hal itu, kata Teguh, menjadi bukti bahwa UMM sangat kooperatif dan sungguh-sungguh dalam mengelola dan mendampingi para calon relawan. Kesungguhan itulah yang membuat UMM hingga saat ini masih terus dipercaya sebagai mitra Peace Corps.

      Dari hasil seleksi, terpilihlah 15 pendamping. Para pendamping ini nantinya akan menjadi penghubung antara calon relawan dari Amerika dengan masyarakat lokal di kota Batu. “Karena itu, para pendamping ini disebut sebagai community liason (CL), yaitu penghubung komunitas.”  

      Nantinya, pada saat PST, CL juga akan menemani para calon relawan belajar bahasa dan budaya Indonesia beserta cara pengajarannya. Mengingat tugas penting yang diemban oleh CL, lanjut Teguh, mereka dituntut memiliki sikap yang tegas, komunikatif dan sopan santun.  

      Salah satu mahasiswa UMM yang terpilih sebagai CL, Fathur Roji, mengaku tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukannya sebagai pendamping calon relawan Peace Corps. “Ini kesempatan bagi saya untuk mengenalkan budaya Indonesia, khsusnya budaya Jawa pada orang Amerika,” kata mahasiswa prodi Bahasa Inggris UMM ini.

      Sebagai informasi, Peace Corps merupakan organisasi Independen asal Amerika yang rutin mengirimkan para relawan ke sejumlah negara berkembang untuk membantu program lingkungan, kesehatan dan pendidikan. Di Indonesia, program yang difokuskan Peace Corps yaitu bidang pendidikan. (nis/han)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image