Mahasiswa Perlu Manfaatkan Digilib Untuk Skripsi

Author : Humas | Rabu, 25 Maret 2015 11:32 WIB
MUDAHKAN SKRIPSI: Sejumlah mahasiswa tampak sibuk mengakses digilib yang terletak di Perpustakaan UMM lantai 1.
 

BAGI mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang ingin mencari referensi untuk riset maupun tugas akhir, kini tak perlu khawatir. Dengan disediakannya layanan digital library (digilib) di UMM, kemudahan demi kemudahan dirasakan oleh mahasiswa.

      Sejak ada digilib pada 2002, mahasiswa UMM sangat terbantu dengan sistem ini, Wahyu Agung misalnya. Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM angkatan 2012 ini hampir setiap harinya mencari referensi yang ia butuhkan dengan datang ke Perpustakaan Pusat UMM untuk mengakses digilib. “Digilib ngebantu banget,” kata Agung saat diwawancarai Rabu (24/3).

      Dengan fasilitas digilib ini, siapapun dapat mengaksesnya setiap hari mulai jam 08.00 hingga 19.00 WIB. “Udah gak kehitung berapa kali ke digilib karena gampang aksesnya, bisa melihat banyak data. Sangat memudahkan mahasiswa,” ujar Agung.

      Saat ini digilib sering dikunjungi mahasiswa, terlebih sebagai acuan bagi mahasiswa yang ingin memulai skripsi. Di sana mahasiswa bisa mengakses berbagai hal untuk menunjang tugas akhirnya, seperti e-skripsi, e-thesis, dan e-journal.

      “E-skripsi menjadi koleksi terbanyak di digilib,” kata Bakhtiar Effendi, kepala Electronic Library Support System (ELSS). Fasilitas tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan bagi mahasiwa atau dosen UMM saja, tetapi digilib juga memberikan keluasan bagi mahasiswa dari kampus lain untuk mengaksesnya dengan cara mendaftarkan diri ke sebagai anggota perpustakaan UMM.

      Digilib juga secara rutin menerima skripsi dari mahasiswa dalam bentuk softcopy. Menurut koordinator digilib, Muhammad Afifi, softcopy skripsi tersebut disajikan di digilib untuk kemudahan mahasiswa. Dengan banyaknya mahasiswa yang datang ke digilib, tak lupa fasilitas digilib terus ditingkatkan demi kenyamanan mahasiswa,” pungkas Afifi. (nay/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image