Mahasiswa Malaysia Belajar di FK UMM

Author : Humas | Senin, 18 Mei 2015 12:12 WIB
Penyambutan mahasiswa kedokteran Malaysia oleh PR III UMM Dr Diah Karmiyati Psi, Senin (18/5).

FAKULTAS Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM) kedatangan sepuluh mahasiswa dari Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS), Senin (18/5). Bertempat di Rumah Sakit (RS) UMM, rombongan yang dipimpin langsung Dekan FK CUCMS, Prof Dr Abd Rahim Mohamad diterima oleh Dekan FK UMM dr Irma Suswati MKes, Direktur RS UMM Prof Dr dr Djoni Djunaedi SpPD KPTI, Direktur Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Muhammadiyah Malang Dr Sastrawiyanto MARS, dan Pembantu Rektor (PR) III UMM Dr Diah Karmiyati Psi.

      “Kedatangan kami ke sini ingin mengetahui proses kerja dan pelayanan dokter di Indonesia, terutama di Malang melalui RS UMM dan RSIA Muhammadiyah,” ungkap Rahim. Rencananya, para mahasiswa yang berada di semester delapan ini akan melakukan aktivitas perkuliahan dan praktik mulai 18 Mei hingga 10 Juni mendatang.

      Menurut Dekan FK UMM, pertukaran mahasiswa ini adalah yang pertama kalinya dilakukan oleh fakultasnya. “Ini adalah tindak lanjut dari MoU (Memorandum of Understanding) yang sudah ditandatangani beberapa waktu lalu,” kata dr Irma. Ia melanjutkan, kerjasama yang dilakukan antara CUCMS dan FK UMM ini dalam bidang kandungan dan kebidanan.

      “Kedatangan pihak Malaysia ke UMM adalah permintaan mereka. Kita akan mencari bidang apa yang tepat nantinya agar mahasiswa kita juga bisa diberangkatkan ke Malaysia juga,” ujarnya. Selain dengan Malaysia, FK UMM saat ini sedang dalam penjajakan kerjasama dengan Thailand. Kerjasama yang dilakukan oleh FK UMM mendapat dukungan penuh dari pihak kampus, seperti yang disampaikan PR III.

      “Kerjasama dengan luar negeri ini sangat bagus. Ini sesuai dengan visi misi UMM di 2020 yaitu menjadi World Class University. Ini juga penting agar kita dapat mengukur diri kita dengan kampus-kampus lain, terutama di kawasan ASEAN sampai sejauh mana posisi kita dengan mereka,” kata Diah.

      Selain FK, beberapa fakultas seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP), juga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga sudah melakukan kerjasama internasional dengan kampus maupun lembaga luar negeri. “MoU bukan hanya untuk ditandatangani, tapi untuk ditindaklanjuti. Saya kira kegiatan pertukaran yang dilakukan oleh FK UMM dan CUCMS merupakan langkah nyata yang patut diapresiasi,” tutur PR III UMM.

      Salah satu mahasiswi CUCMS, Yazmin mengaku takjub dengan UMM. “Rumah sakitnya bagus, besar, UMM benar-benar luar biasa. Baru sehari tiba di Malang saya sudah merasa seperti di rumah, orangnya ramah-ramah,”  tuturnya. (zul/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image