Mahasiswa Biologi Sulap Barang Bekas Jadi Mading 3D

Author : Humas | Jum'at, 24 April 2015 14:46 WIB
Karya: Mading 3D berbentuk gunung menggambarkan ekosistem bumi yang perlu dilestarikan bersama, Jum'at (24/4).

NUANSA peringatan Hari Bumi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masih terasa hingga sekarang. Kini, giliran Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (Himabio) UMM mengadakan pameran mading tiga dimensi (3D). Menariknya, seluruh bahan utama yang dipergunakan adalah barang-barang bekas maupun barang daur ulang. Rencananya, pameran ini akan digelar di area hotspot lantai 3,5 GKB I, hingga besok, Sabtu (25/4).

“Mading ini merupakan media pembelajaran dari materi perkuliahan yang sudah para peserta tempuh. Mereka bisa bebas mengkreasikan mau dibentuk seperti apa madingnya,” ungkap Lusthia Wijaya Anggraeny, sekretaris pelaksana kegiatan ini.

Tak hanya pameran saja, pada hari kedua nanti akan diadakan senam akbar sekaligus ikrar mahasiswa.”Besok (25/4) kami akan berikrar untuk menjaga lingkungan dan kebersihan,” ujarnya.

Selain pameran dan senam akbar serta ikrar mahasiswa, Himabio bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi UMM juga mengadakan beberapa jenis alat kebersihan untuk tiap-tiap kelas Biologi. Alat-alat tersebut diantaranya sapu, kemoceng, cikrak, bahkan taplak meja. “Kami akan menjadi contoh untuk jurusan-jurusan lain agar ikut menjaga kebersihan kelasnya,” pungkasnya.

Salah satu kelompok peserta pameran dari Biologi 4B bercerita, proses pembuatan mading kelompoknya selama 2 hari. “Mading kami bercerita tentang kondisi lingkungan dan ekosistem di bumi saat ini. Di dekat laut atau danau sudah dibuat wisata sehingga tidak memikirkan ikan-ikan dan ekosistem yang ada di dekatnya, beberapa lahan hijau jadi pabrik dan perumahan, dan masih banyak lagi kerusakan yang ditimbulkan dari ulah manusia,” tutur koordinator kelompoknya, Dian Rizkiaditama.

“Saya berharap bisa ikut menyuarakan kalangan mahasiswa khususnya untuk mau peduli terhadap lingkungan sekitar,” tambahnya.

Pameran mading ini diikuti oleh 16 kelompok yang terdiri dari angkatan 2013 maupun 2014. Mading yang dipamerkan juga divoting oleh para pengunjung. Mading pemenang akan mendapat hadiah berupa sertifikat dan bingkisan dari panitia. (zul/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image