Mahasiswa Asing Ikuti KKN

Author : Humas | Kamis, 15 Januari 2015 16:33 WIB
GELOMBANG DUA: Sebanyak 1600 mahasiswa saat mengikutipelepasan peserta KKN yang diberangkatkan langsung  oleh Rektor Prof Dr Muhadjir Effendy MAP di Dome UMM.(15/1)

SEBANYAK 1600 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap 2014-2015 yang berlangsung di hall UMM Dome, Selasa (14/1). Peserta KKN dibagi menjadi 49 kelompok yang akan melakukan pengabdian masyarakat di sejumlah kabupaten dan desa di Jawa Timur. 

      Di antara para peserta itu, KKN kali ini diikuti delapan mahasiswa asing yang berasal dari Cina, Thailand dan Amerika. Mereka berbaur dengan mahasiswa lokal di masing-masing kelompok yang terdiri dari fakultas dan jurusan yang berbeda.

      Rektor UMM Prof Dr Muhadjir Effendy MAP mengatakan, KKN merupakan program yang wajib diikuti seluruh mahasiswa UMM sebelum mereka menempuh tugas akhir. “Diharapkan program ini dapat membantu daerah-daerah tertinggal, baik berbentuk fisik maupun non-fisik,” terangnya. 

      Lebih lanjut,Rektor bahkan menyebut akan memberikan bantuan khusus bagi kelompok KKN yang dapat membangun desa dalam bentuk yang kongkrit, semisal mendirikan Taman-Kanak Kanak (TK).

      Kepala Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM Prof Dr Ir Sujono MKes menjelaskan, mahasiwa KKN tidak hanya diminta melakukan hal-hal yang berguna bagi masyarakat, tapi juga melakukan sesuatu yang bisa dilanjutkan masyarakat setempat tanpa pengawasan mahasiswa KKN.

      “Jadi manfaatnya terus berlanjut, sekalipun masa KKN mereka sudah habis,” ujar Sujono. (ger/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image