Mahasiswa Asal Australia Minati Riset Gender di UMM

Author : Humas | Sabtu, 21 Februari 2015 11:36 WIB
WELCOME: Dr Asep Nurjaman, MSi  menyerahkan jas almamater kepada mahasiswa ACICIS asal Australia Emma Robert saat penerimaan mahasiswa baru di ruang sidang fisip.(20/2)

SATU lagi mahasiswa asal Australia datang ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Emma Robert yang mengikuti program Australian Consortium for In-Country Indonesian Studies (ACICIS) akan studi di FISIP dan melakukan penelitian dalam waktu satu semester. Kedatangan Emma disambut dekan FISIP, Dr Asep Nurjaman, MSi dan jajarannya, Jumat (19/2).

      Emma mengaku tertarik untuk studi tentang gender. Dalam studi awalnya, ia memperoleh kesimpulan di Indonesia keadilan gender masih memprihatinkan dan perlu dibenahi. Berbagai kasus, seperti kekerasan seksual, selalu memojokkan korban perempuan. 

       “Saya selalu tertarik tentang isu gender. Salah satu isu yang sering menjadi stigma, akibatnya banyak wanita dan tidak bisa melakukan apa-apa.” akunya.

      Emma yang pernah menjadi relawan untuk penyandang cacat di Australia tertarik untuk ikut menggerakkan kesadaran gender di Indonesia. “Saya rasa Indonesia masih kurang banyak kampanye untuk menghentikan kekerasan seksual pada perempuan. Dengan penelitian saya nanti, saya ingin membantu menyadarkan masyarakat Indonesia tentang masalah ini. Saya memang passionate di bidang sosial, keadilan legal dan tentunya membantu orang lain,” ungkapnya

      Tahun ini Acicis di UMM memasuki tahun ke-20, dan Emma merupakan mahasiswa Acicis angkatan 40. Sepanjang 20 tahun kerjasama UMM dengan konsorsium 21 universitas di Australia tersebut terus berlanjut meski kadang terpengaruh naik turunnya suhu hubungan Indonesia-Australia.

      Dekan FISIP mengatakan Indonesia-Australia tak hanya tetangga dekat tetapi juga sahabat. Jadi wajar jika terjadi selisih paham yang akhirnya akur lagi. “Mahasiswa Acicis di UMM bisa menjadi duta hubungan kedua Negara,” harap Asep Nurjaman usai menyematkan jaket almamater kepada Emma. (rhe/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image