Indonesia English Arabic

Magang di PT Virama Karya, Mahasiswa Teknik Sipil UMM Dipersiapkan Jadi Konsultan

Author : Humas | Sabtu, 06 Oktober 2018 10:59 WIB

BERITA UMM

Penandatanganan nota kesepemahan antara UMM yang diwakili Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd dengan PT Virama Karya yang diwakili Direktur PT. Virama Karya (PERSERO), Melany Legitasari. (Aan/Humas UMM)
SIAPA bilang teknik sipil hanya bisa kerja di lapangan? Ternyata mahasiswa program studi (prodi) Teknik Sipil juga bisa menjadi seorang konsultan. Hal itu disampaikan langsung Direktur PT. Virama Karya (PERSERO), Melany Legitasari, usai menandatangai nota kesepemahaman dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (4/10).
 
“Konsultan adalah ahli yang tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan atau nasihat dalam suatu kegiatan,” jelas Melany. Dilanjutkan Melany, lulusan Teknik Sipil sangat berpeluang untuk menjadi konsultan dalam sebuah pembangunan.
 
Untuk menjadi seorang konsultan, tambah Melany, seorang ahli harus melalui tahapan keprofesian. Dimulai dari engineer muda, selanjutnya tenaga ahli, team leader, dan seterusnya. “Minimal 16 tahun bekerja dulu baru bisa jadi konsultan,” terang Melany.
 
Melany menjelaskan bahwa PT. Virama Karya (PERSERO) adalah perusahaan konsultan dengan spesialisasi pada bidang pelayanan jasa teknik dan manajemen bidang transportasi jalan dan jembatan. Perusahaan ini sekarang berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
 
“Lulusan teknik sipil yang mempunyai kemampuan yang baik dalam menerapkan pengetahuan ketekniksipilan dan pengetahuan managerialnya akan sangat dibutuhkan untuk menjadi konsultan pembangunan,” paparnya.
 
Melalui penandatangan kerjasmaa antara kedua belah pihak, mahasiswa Prodi Teknil Sipil UMM berkesempatan untuk magang di PT. Virama Karya (PERSERO). Di tahun 2014, Prodi Teknik Sipil mengirim dua mahasiswanya untuk magang di proyek PT Virama Karya. Yakni di supervisi air minum Umbulan, juga di Detail Engineering Design (DED) Jalan Lingkar Timur Sidoarjo.
 
Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. berharap kerjasama yang dibangun antara UMM dan PT. Virama Karya (PERSERO) bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Jajaran pengurus UMM juga Mahasiswa. (aan/can/sil)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image