Lokakarya Penyusunan Database Personal Berbasis TIK

Author : Humas | Jum'at, 23 April 2010 13:40 WIB
 
Perhatian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tak pernah berhenti. Salah satu buktinya, membangun keterampilan berbasis Information Technology (IT) para pegawainya. Melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kamis (22/4) para pegawai UMM mengikuti lokakarya “Penyusunan Database Personal Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”.

Kepala BPSDM, Dra. Su’adah, M.Si mengatakan, lokakarya ini bertujuan mengasah keterampilan staf dalam menangani database kepegawaian dengan sistem modern. “Sebagai kampus yang sudah berbasis IT, keterampilan ini sangat penting bagi semua pegawai UMM,” katanya. Selain itu, lokakarya juga bertujuan mengidentifikasi data apa saja yang dibutuhkan dari tiap-tiap personal dosen maupun karyawan yang ada di lingkungan UMM. Untuk itu, dalam lokakarya ini dilakukan perancangan form kuesioner untuk identifikasi tersebut.

Lokakarya yang bertempat di ruang Auditorium Pembantu Rektor (PR) I ini menghadirkan konsultan dari J. Tanzil & Co, Heru Hendratno, SE dan Dian R. Fajar Ratih, S. PSi. Peserta terdiri dari 16 orang ahli bidang pengembangan SDM, di antaranya dari unit BPSDM, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Lembaga Infokom dan bagian kepegawaian UMM.

PR II, Drs. Mursidi MM. dalam sambutan sekaligus pembukaan acara menyatakan harapannya pada para peserta lokakarya agar bersungguh-sungguh dalam menjalankan penyusunan database ini mengingat arti penting dari database yang akan sangat bermanfaat untuk menunjang tersedianya informasi data personal di UMM. “Dengan database yang sistematis, maka akan mempermudah dan mempercepat proses perolehan data personal sehingga daapat mempercepat pula proses pengambilan keputusan oleh atasan (top management),” ujar PR II.

            Lebih lanjut, ketua pelaksana, Tri Muji Ingarianti, S. Psi, M.Psi mengatakan bahwa lokakarya ini merupakan langkah awal dalam persiapan pembuatan database personal yang berbasis TIK di UMM. Dengan bekal pengetahuan tentang pembuatan database dan analisis jabatan, maka penyusunan form kuesioner akan lebih mudah dan dengan demikian akan dicapai target yang diingikan. Pembuatan database personal ini ditargetkan akan selesai pada Juli 2010, dengan capaian minimal 70%. (trs/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image