LK Sadarkan Pentingnya Pendidikan Berkemanusiaan

Author : Humas | Selasa, 24 Februari 2015 15:02 WIB
KAJIAN MULTIDISIPLINER: Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd. saat memberikan wawasan tentang budaya Penguatan Model Pembelajaran Berbasis Budaya kepada para peserta di ruang sidang senat UMM.(23/2)

SERIUS memperkaya model pembelajaran berbasis budaya kepada guru, Lembaga Kebudayaan (LK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar Workshop Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal, Selasa (24/2) di Ruang Sidang Senat UMM. Workshop bertajuk Kajian Multidisipliner “Penguatan Model Pembelajaran Berbasis Budaya” ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr Djoko Saryono M Pd dan Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM Dr Arif Budi Wurianto MSi.

      Djoko berpendapat, Indonesia perlu memperkuat model pembelajaran yang diambil dari nilai-nilai budaya. Menurutnya, Indonesia memliki ragam dan corak budaya yang berbeda-beda, yang hal itu menandai pluralitas dan diversitas budaya bangsa ini. “Persoalannya adalah, budaya macam apakah yang hendak dijadikan basis model pembelajaran bagi bangsa ini?” ujar Djoko.

      Menambahkan Djoko, Arif menilai pendidikan bukan sekadar bersekolah (schooling) yang membuat seseorang terdidik, namun jauh lebih penting menjadikannya beradab (civilized) dan bermatabat sebagai manusia yang berlandaskan budi luhur dan nilai-nilai kemanusian.

      “Pendidikan adalah upaya pendewasaan, karena proses-proses pendidikan merupakan proses humanisasi, pemanusiaan dan pengharkatannya sebagai manusia” ungkapnya.

      Arif mengatakan, dalam setiap aktivitas budaya selalu terdapat pesan-pesan yang disampaikan. Sebagai contoh, dalam permainan tradisional yang dilakukan anak-anak, tersirat pesan, misalnya gotong royong, penghargaan terhadap teman, melindungi alam, karakter, etos, dan lain sebagainya.

      “Pesan ini harus tertangkap, sehingga ia dapat terkomunikasikan secara dialogis” tegasnya. (rhe/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image