Lagi, UMM Umumkan Hasil Sertifikasi Dosen

Author : Administrator | Rabu, 04 November 2009 00:00 WIB

Berita UMM

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali umumkan hasil penilaian Sertifikasi Dosen (Serdos) tahun 2009. Setelah tahun 2007 ditunjuk Dikti menjadi perguruan tinggi penyelenggara Serdos bagi Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur, kali ini UMM menyeleksi sebanyak 29 dosen dari 11 PTS yang lolos tahapan administrasi Dikti. Bertempat di Ruang Sidang Pembantu Rektor I, hadir dalam acara Pembantu Rektor I Prof Dr Sudjono M.kes dan Pembantu Rektor II Drs Mursidi MM.

Dalam kesempatan itu, Pembantu Rektor II selaku Ketua Panitia, menyatakan dari 29 dosen yang diseleksi, 27 dinyatakan lulus dan 2 dosen dinyatakan tidak lulus. Yakni dari Univ. Kadiri 1 dosen dan Univ. Kristen Petra 1 orang. Untuk dosen yang dinyatakan lulus, nantinya akan memperoleh sertifikat pendidik. Tahun ini, yang bertindak sebagai Asesor adalah Guru Besar UMM yang telah mengikuti Training Asesor yang diselenggarakan Dikti, yakni Prof. Sudjono,M.kes, Prof Hamidi dan Prof Ishommudin, (Alm) Prof Muslan Abdurrahman dan Prof Wahyu Widodo.

Sementara itu, Prof Sudjono selaku Asesor menyatakan, ada beberapa poin penilaian, diantaranya penilaian persepsional, deskripsi diri dan kepangkatan. Penilaian persepsional merupakan penilaian dari orang-orang disekitar tempat kerja. Yakni dari atasan, dosen sejawat, mahasiswa dan penilaian terhadap diri sendiri. Sedangakan deskripsi diri adalah tulisan dosen tentang dirinya sendiri.

Mengenai deskipsi diri, Sudjono menambahkan dosen terkadang terjebak saat pengisian deskripsi diri. Menurutnya, banyak poin yang harus diisi dan ditulis secara deskriftip mengenagi dirinya sendiri. Seperti bagaimana etos kerjanya, kesabaran dalam mendidik dan masih banyak lagi. Terkadang dosen tidak menjelaskan apa yang menjadi target serta bayangan kerja kedepannya. Dan penilaian ini, menjadi poin utama penyebab tidak lulusnya dosen.

            Tahun 2010, UMM kembali siap menjadi Perguruan Tinggi Penyelanggara Serdos. Diharapkan, peserta Serdos berhati-hati dan lebih sungguh-sungguh saat pengisian, terutama tentang deskripsi diri. Selain itu, tahun 2010 UMM akan menambah jumlah Asesor Serdos,yang akan menambah deretan nama Asesor UMM.

            Tidak hanya itu, tahun ini pula UMM sebagai koordinator penyelenggara sertifikasi guru telah mengumumkan jumlah guru yang lolos. Dari 3900 guru, tercatat hamper 65% guru tidak lulus dan harus mengikuti PLPG. “ Insyaallah tahu 2010 UMM, kembali siap mengemban tugas menyelenggarakan setifikasi dosen dan sertifikasi dosen,”pungkasnya (rka)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image